Main Game Makin Seru, Ini Cara Mengatur PC Monitor Lebih Dari Satu

Beberapa layar membuat perbedaan besar dalam produktivitas dan permainan. Dua atau bahkan tiga monitor memberi Anda lebih banyak untuk dikerjakan, tetapi Anda perlu tahu cara mengatur banyak monitor. Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Sebelum kita mulai, perlu diingat bahwa semua tampilan berbeda, jadi Anda mungkin perlu melakukan beberapa pemecahan masalah individu. Menyiapkan beberapa monitor untuk game PC biasanya hanya menghubungkan semuanya, tetapi ada beberapa pengaturan utama yang perlu Anda ubah sebelum itu.

Langkah 1: Periksa semua layar Anda

Kami tidak akan mencantumkan monitor apa pun yang diperlukan untuk proyek multi-layar ini, tetapi kami akan menunjukkan yang jelas: coba pilih monitor yang lebih baru yang semuanya memiliki model yang sama.

Memastikan bahwa monitor adalah model yang sama membuatnya sangat mudah untuk mengukur dan merencanakan, serta mengatur dan memeliharanya dengan benar. Tanpa penyesuaian ketinggian yang tepat, Anda mungkin juga kesulitan untuk mendapatkan layar yang berbeda sejajar sempurna satu sama lain. Paling tidak, ada baiknya untuk memiliki layar dengan port serupa. Saat ini, itu mungkin berarti semua monitor Anda harus memiliki koneksi HDMI atau DisplayPort (ya, ada juga DVI, tapi kemungkinannya kecil).

Anda juga ingin semua monitor Anda memiliki dukungan untuk fitur yang sama, seperti sinkronisasi grafis. Game Anda bisa terlihat sangat aneh jika monitor Anda memiliki fitur tampilan dan opsi dukungan yang berbeda.

Terakhir, Anda harus memastikan bahwa kartu grafis Anda memiliki koneksi yang cukup untuk monitor Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan tiga layar 4K, Anda harus memastikan GPU Anda memiliki tiga port HDMI untuk digunakan.

Anda dapat mencampur dan mencocokkan port jika perlu – misalnya, dua port HDMI dan DisplayPort – tetapi sekali lagi, jauh lebih mudah jika Anda memiliki beberapa model monitor yang sama. Jika Anda tidak memiliki kartu grafis khusus atau Anda tidak tahu apa-apa tentangnya, ini mungkin langkah pertama Anda sebelum menyiapkan perangkat monitor Anda. Kartu grafis khusus adalah kebutuhan dasar untuk proses ini.

TRENDING:  AMD Ryzen 5000 Inilah Tanggal rilis, harga, dan spesifikasinya

Catatan: Ada splitter yang dapat Anda gunakan jika Anda memiliki GPU yang bagus tetapi hanya memiliki satu atau dua port. Ini tidak optimal, tetapi ini adalah kondisi umum.

Langkah 2: Periksa kartu grafis Anda

Ada kabar baik di sini – GPU saat ini biasanya diproduksi dengan pemahaman bahwa beberapa orang akan membutuhkan banyak monitor, jadi jika Anda baru saja membeli GPU, dukungan sudah disertakan. Ini membuat segalanya jauh lebih mudah daripada dulu di masa lalu. Namun, jika Anda membeli kartu grafis khusus untuk proyek ini, Anda juga dapat memastikan bahwa kartu tersebut memiliki jenis dan jumlah port yang tepat. Anda juga harus mengkonfirmasi fitur-fitur tertentu dari multi-monitor, yaitu:

AMD

Kartu grafis AMD telah mendukung multi-monitor selama beberapa generasi sekarang dan bahkan meluncurkan teknologi multi-monitor Eyefinity, yang diperkenalkan dengan dukungan hingga tiga monitor simultan pada satu GPU. Eyefinity memastikan bahwa gambar tersebar dengan benar di semua layar yang terhubung dan memastikan bahwa tepinya tidak menutupi detail penting apa pun. Ini adalah pengaturan yang sangat efisien yang penting untuk pengalaman bermain game berkualitas tinggi. Perhatikan bahwa Eyefinity kompatibel dengan koneksi DisplayPort, jadi ini adalah port yang harus dicari di layar Anda.

Nvidia

Solusi Nvidia disebut Surround, dan GPU Nvidia Anda harus memilikinya. Seperti Eyefinity, Surround mendukung banyak monitor serta game 3D. Suara sekitar berfungsi dengan semua koneksi layar standar. Anda tidak perlu menggunakan Surround untuk menggunakan beberapa monitor dengan kartu grafis Nvidia.

Jika Anda terjebak dengan GPU Anda saat ini dan tidak semua yang Anda inginkan, ada adaptor untuk teknologi, seperti Eyefinity, MacGyver dapat membantu Anda menemukan solusi bersama.

TRENDING:  Mau Main Game XBox Di HP, Ini Caranya Mengakses XCloud

Langkah 3: Hubungkan semuanya dan nyalakan

Langkah ini mudah. Colokkan semuanya terlebih dahulu, periksa kembali port untuk memastikan port tersebut benar, lalu nyalakan. Anda hanya perlu menggunakan satu layar untuk penyiapan, jadi jangan khawatir dengan tampilan layar lainnya sampai Anda menyelesaikan langkah 4.

Pada titik ini, Anda mungkin mengalami beberapa masalah, seperti monitor lain yang tidak tersambung dengan benar atau mengalami masalah visual yang sangat terlihat sehingga tidak memungkinkan untuk digunakan. Betul sekali! Kami menyarankan Anda merujuk ke panduan pemecahan masalah untuk pengaturan multi monitor untuk memeriksa apa yang salah dan bagaimana memperbaikinya lagi. Terkadang ini hanya masalah menemukan kabel yang tepat atau memperbarui beberapa driver.

Langkah 4: Ubah pengaturan seperlunya

Tempat terbaik untuk mulai mengubah pengaturan game Anda adalah Panel Kontrol GPU. Saatnya untuk memanfaatkan prosesor grafis yang kuat, yang berarti melewati pengaturan sistem operasi apa pun.

Sebagian besar produsen chip grafis utama, termasuk AMD dan Nvidia, memiliki panel kontrol khusus yang memungkinkan Anda mengatur beberapa monitor serta sejumlah pengaturan lainnya. Untuk AMD, berikut cara masuk ke Setting dan pastikan Eyefinity sudah diatur dengan benar. Inilah cara memulai dengan chip Nvidia. Jika Anda menemukan frame rate rendah, aliasing, atau anomali lainnya saat bermain game, kembali ke panel kontrol GPU Anda dan buat penyesuaian lebih lanjut sesuai kebutuhan.

Catatan penting: kompatibilitas game

Mayoritas game modern sangat cocok untuk permainan multi-layar, tetapi tidak begitu banyak dengan judul klasik.

Ada banyak daftar terbaru untuk game multi-layar online yang mencakup setiap game populer saat ini, serta sejumlah judul yang mengejutkan sejak satu dekade atau lebih. Ini karena desainer game masih berada di depan produsen kartu grafis, sehingga Anda dapat menjalankan banyak game lama di sistem multi-monitor baru Anda. Memainkan game lama Anda di pengaturan layar ganda bisa lebih dari sekadar mimpi. Ingatlah bahwa dukungan tidak universal, dan bervariasi berdasarkan judul, terutama untuk game indie dan beberapa game lama.

TRENDING:  Edisi Khusus Games Google Doodle Olimpiade Tokyo 2020

Daftar game online yang kompatibel dengan fitur multi-layar diperbarui secara berkala. Jika Anda melihat daftar, Anda akan melihat bahwa itu termasuk campuran game terbaru dan sangat sedikit game dari dekade terakhir. Faktanya, game mungkin telah meningkatkan kapasitas ini lebih dari kartu grafis di masa lalu. Jadi ada kemungkinan besar Anda akan beruntung dan menemukan game favorit Anda dalam daftar judul yang kompatibel, ingatlah bahwa tidak semua game indie atau lama memiliki dukungan penuh untuk multiscreen play.