Nintendo Switch OLED Resmi Di Luncurkan, Ini Spek Dan Harganya

TEKNOMUDA.COM – Ulasan perangkat keras telah ada sejak era Game Boy, jadi tidak mengherankan jika Nintendo mengumumkan versi terbaru dari Switch. Secara resmi dikenal sebagai Nintendo Switch OLED, model baru ini adalah versi hibrida genggam yang sedikit lebih baik — dengan beberapa lonceng dan peluit ditambahkan di sana-sini. Hingga saat ini, laporan “Nintendo Switch Pro” sudah mulai beredar, menunjuk ke sistem 4K yang jauh lebih baik.

Meskipun bukan itu yang kami dapatkan, Nintendo Switch OLED terasa setara dengan kursus jika dibandingkan dengan ulasan konsol Nintendo lainnya. Dengan mengingat hal itu, mari selami semua yang kita ketahui tentang sistem, termasuk tanggal rilis, spesifikasi, fitur, dan banyak lagi.

Tanggal rilis dan harga

Pertama, Nintendo Switch akan diluncurkan di seluruh dunia pada 8 Oktober seharga $350 atau Sekitar Rp.5.000.000 kurang Lebih (kurs Rp.14,000). Ini akan tersedia dalam dua warna: putih dan merah neon / biru neon (mirip dengan model aslinya). Sistem baru ini hadir bersama dengan edisi Metroid Dread. Sudah umum bagi Nintendo untuk merilis perangkat keras baru dengan game baru yang menyertainya.

Pre-order Amerika Utara belum keluar, tetapi kami akan memperbarui posting ini segera setelah tersedia.

Layar OLED 7 inci

Tapi mengapa Anda membeli barang ini? Apa jenis fitur yang dimilikinya? Salah satu peningkatan paling menonjol yang dilihat perusahaan adalah kehadiran layar OLED 7 inci. Tidak hanya ini jauh lebih besar dari layar 6,2 inci pada model Switch asli, tetapi layar OLED umumnya terlihat lebih baik daripada LCD.

Anda akan melihat warna hitam yang lebih pekat, kontras yang lebih baik, dan gambar yang tampak “meletup” lebih dari layar LCD. Layar OLED juga mengkonsumsi lebih sedikit daya daripada layar LCD, yang bukan merupakan hal yang buruk (walaupun perangkat baru tampaknya tidak memiliki daya tahan baterai yang lebih baik daripada model aslinya). Singkatnya, game Anda akan terlihat lebih bagus dengan layar OLED, meskipun performanya belum tentu lebih baik.

TRENDING:  MPL Season 8 Minggu Ini, Alter Ego Diprediksi Masih Tak Terkalahkan

Stand Lebih Luas dan Ditingkatkan

Jika Anda memiliki model Switch asli, Anda mungkin akan khawatir dengan stand yang kecil dan rapuh. Untungnya, Nintendo Switch OLED memiliki dudukan yang lebih besar dan lebih baik yang berjalan melalui bagian belakang seluruh sistem. Ini juga memungkinkan posisi yang lebih dapat disesuaikan, memberi Anda kebebasan untuk bermain seperti yang Anda inginkan dalam pengaturan meja. Mudah-mudahan ini akan mencegah sistem dari jatuh dengan mudah.

Dukungan LAN bawaan

Salah satu fitur terbaik dari sistem ini adalah port LAN bawaan, yang memungkinkan Anda terhubung ke Internet melalui kabel Ethernet alih-alih Wi-Fi. Ini biasanya akan menghasilkan koneksi yang lebih stabil, apa pun fitur yang Anda gunakan saat online. Misalnya, saat bermain game kompetitif online, seperti Super Smash Bros. Ultimate, Anda akan melihat lebih sedikit masalah koneksi saat Anda online daripada saat Anda nirkabel.

Sebelumnya, Nintendo Switch tidak memiliki dukungan LAN bawaan. Sebagai gantinya, Anda harus membeli adaptor ethernet, yang merupakan penghalang lain untuk masuk. Dengan Nintendo Switch OLED, ini tidak akan menjadi masalah bagi konsumen.

Gandakan penyimpanan internal Anda

Dengan industri video game yang beralih ke masa depan yang didominasi digital, banyak gamer Switch telah memilih untuk mengunduh game mereka daripada membeli kartrid fisik. Pasti ada pro dan kontra untuk masing-masing, tetapi rintangan terbesar bagi pembeli digital adalah memori. Nintendo Switch OLED baru akan hadir dengan memori internal 64GB, bukan 32GB asli.

Meskipun 64GB tidak akan memberi Anda banyak jika Anda mengunduh semuanya secara digital, ini merupakan peningkatan yang nyata dari model yang lebih lama. Kami tetap menyarankan untuk membeli kartu micro SD untuk memperluas memori Anda, tetapi dalam banyak kasus 64GB akan bekerja untuk Anda, terutama jika Anda tidak mengunduh banyak.

TRENDING:  Edisi Khusus Games Google Doodle Olimpiade Tokyo 2020

Joy-con Putih dan Dock

Bagian yang menyenangkan dari Nintendo Switch adalah mengumpulkan beberapa varian Joy-Con yang hadir dalam berbagai warna. Nintendo Switch OLED baru ini spesial karena ini adalah pertama kalinya Joy-Con dan dock tersedia dalam warna putih — setidaknya secara resmi. Anda tentu dapat mengunjungi situs seperti Etsy untuk membuat varian kustom Anda sendiri, tetapi versi ini datang langsung dari Nintendo. Anda juga dapat membeli versi neon biru / neon merah yang diluncurkan pada hari yang sama.

Tidak ada perubahan internal yang besar

Selain audio yang ditingkatkan, ini semua adalah fitur baru yang disertakan dalam Nintendo Switch OLED. Apakah ini sepadan dengan tambahan $50 dari edisi standar? Itu akan terserah Anda dan kebutuhan Anda. Secara internal, versi OLED hampir identik dengan model Switch asli. Faktanya, juru bicara Nintendo baru-baru ini mengatakan kepada Video Games Chronicle, “[The] Nintendo Switch (model OLED) tidak memiliki CPU yang lebih baru atau lebih banyak RAM daripada model Nintendo Switch sebelumnya.

Ini membuat frustrasi banyak orang, karena semua laporan awal tampaknya menunjukkan bahwa sistem baru akan lebih sulit secara internal. Terlepas dari laporan tersebut, komunitas hanya berharap Nintendo akan mengembangkan sistem yang lebih kuat untuk bersaing dengan konsol Sony dan Microsoft yang baru. Sayangnya, itu tidak terjadi, setidaknya sekarang.

Nintendo Switch asli memiliki daya tahan baterai yang sama dengan model OLED baru (sekitar 4,5 hingga 9 jam), serta waktu pengisian daya yang sama (sekitar 3 jam). Keduanya menggunakan prosesor Tegra kustom NVIDIA dan memiliki resolusi maksimum 1080p saat di-dok dan 720p dalam mode genggam. Hal yang menyenangkan tentang betapa miripnya kedua perangkat adalah bahwa Joy-Con dan dok dapat dipertukarkan di masing-masing perangkat, menyederhanakan proses untuk beberapa pemilik Switch.

TRENDING:  Hindari Lag saat Bermain Mobile Game, Perhatikan Hal Ini

Bisakah iterasi Nintendo Switch tambahan muncul setelah model OLED? Sangat mungkin. Melihat sejarah Nintendo, tampaknya perusahaan sedang mengembangkan beberapa SKU untuk perangkat selulernya. Misalnya, lini Nintendo DS memiliki model asli, DS Lite, DSi, dan DSi XL, sedangkan lini 3DS memiliki model asli, 3DS XL, 2DS, New 3DS, New 3DS XL, dan New 2DS XL. Meskipun membingungkan, intinya adalah bahwa redundansi adalah bagian dari model bisnis Nintendo, jadi tidak mengherankan untuk melihat peralihan lain setelah OLED.

Jika ini ternyata Switch 2 atau sesuatu yang kurang dari lompatan, itu masih harus dilihat, tetapi Anda hampir pasti belum melihat Nintendo Switch lain, bahkan setelah OLED keluar.