8 Cara Untuk Memperbaiki Koneksi Wi-Fi Gagal Di Android

Mengesampingkan konektivitas dasar, Wi-Fi adalah komponen penting dari ponsel Android modern. Ponsel Android terkemuka hadir dengan teknologi Wi-Fi 6.0 terbaru. Bahkan dengan begitu banyak perkembangan di industri nirkabel, kami masih melihat laporan kegagalan koneksi Wi-Fi atau koneksi Wi-Fi yang lemah/lambat di ponsel Android. Jika Anda mengalami masalah Wi-Fi di Android, saatnya untuk memperbaikinya sekali dan untuk selamanya.

1. Nyalakan ulang ponsel ANDROID Anda

Hal pertama yang dapat Anda coba adalah me-restart perangkat Android Anda. Ini adalah salah satu metode pemecahan masalah dasar untuk memperbaiki masalah yang mengganggu di Android.

Tekan lama tombol daya di ponsel Android Anda dan mulai ulang perangkat

2. Matikan WI-FI

Coba matikan Wi-Fi dari pusat notifikasi. Nyalakan kembali Wi-Fi dan coba sambungkan ke jaringan rumah atau kantor Anda. Terkadang trik sederhana seperti mematikan/mengaktifkan Wi-Fi dapat memperbaiki masalah konektivitas nirkabel untuk Anda.

3. Periksa pengaturan Router

Anda juga ingin memastikan bahwa ponsel Android Anda tidak diblokir untuk mengakses Wi-Fi. Karena jika demikian, ini bisa menjadi alasan utama mengapa ponsel Anda tidak dapat terhubung ke jaringan nirkabel.

Jika Anda memiliki akses ke panel admin router, pastikan untuk membuka blokirnya dari daftar hitam. Jika Anda tidak memiliki akses ke panel kontrol admin router, hubungi seseorang yang memilikinya.

Setel ulang router

Itu selalu disarankan untuk memeriksa apakah router Wi-Fi Anda berfungsi dengan baik. Coba sambungkan perangkat pintar lain ke Wi-Fi dan jika semua perangkat mengalami masalah Wi-Fi, alasan utamanya terletak pada router.

Coba atur ulang router atau perbarui firmware router untuk memperbaiki masalah Wi-Fi.

4. Sambungkan kembali ke jaringan

Anda dapat mencoba menyambung kembali ke jaringan Wi-Fi yang menyebabkan Anda bermasalah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan perubahan.

TRENDING:  Masih Bingung Cek Spesifikasi PC Kamu Di Windows 10, Ini Caranya

Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Pilih opsi Jaringan dan Internet.

Langkah 3: Pilih koneksi Wi-Fi yang disimpan dari daftar berikut.

Langkah 4: Ketuk ikon roda gigi kecil di sebelah koneksi Wi-Fi.

Langkah 5: Pilih Lupakan dari daftar berikut.

Ini memutuskan telepon Anda dari jaringan Wi-Fi dan menghapus jaringan dari memori telepon Anda.

Anda juga dapat menggulir ke bawah daftar Wi-Fi dan memilih Jaringan Tersimpan. Pilih nama Wi-Fi dan ketuk Lupakan dari daftar berikut.

Ini akan menghapus jaringan Wi-Fi dari memori perangkat Anda. Coba sambungkan kembali ke koneksi Wi-Fi yang sama dengan kata sandi.

5. Atur ulang pengaturan jaringan network

Sebelum menerapkan trik ini, izinkan saya memperingatkan Anda bahwa itu akan menghapus semua jaringan yang dipasangkan (Wi-Fi dan jaringan seluler) dan perangkat Bluetooth yang tersimpan.

Menyetel ulang setelan jaringan akan menyegarkan setelan Wi-Fi, Bluetooth, dan konfigurasi VPN ponsel Anda. Ini membantu Anda memperbaiki kegagalan koneksi Wi-Fi di telepon.

Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Gulir ke bawah ke menu Sistem.

Langkah 3: Pilih opsi reset.

Langkah 4: Ketuk Atur Ulang Wi-Fi, Seluler, dan Bluetooth.

Sekarang lanjutkan dan coba sambungkan ke Wi-Fi dari awal.

6. Ubah penggunaan jaringan

Pengaturan lain yang dapat menyebabkan kegagalan Wi-Fi di Android adalah penggunaan jaringan. Untuk memperbaikinya, Anda perlu mengubah jaringan Anda menjadi Tidak Terukur.

Berikut cara melakukannya.

Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan.

Langkah 2: Buka Jaringan & Internet > Wi-Fi.

Langkah 3: Pilih opsi Wi-Fi yang ingin Anda sambungkan.

Langkah 4: Buka opsi lanjutan.

Langkah 5: Pilih Penggunaan Jaringan.

TRENDING:  Suka Jengkel Sama Iklan Kalau Lagi Browsing, Ini Cara Blokirnya Di Android

Langkah 6: Pilih Transaksi sebagai Tidak Terukur dari daftar berikut.

7. Hubungkan ke jaringan 5.0GHz

Sebagian besar perangkat Android modern mendukung 5.0GHz. Jika Anda terhubung ke 2.4GHz di Wi-Fi, itu akan memberikan kecepatan internet yang lambat.

Pastikan ponsel Android Anda terhubung ke jaringan 5.0GHz, dan Anda siap menggunakan koneksi berkecepatan tinggi.

8. Gunakan WI-FI EXTENDER

Jika ada dinding tebal atau elemen lain yang tidak perlu antara ponsel Android Anda dan router, itu akan memperlambat kecepatan internet dengan margin yang baik.

Anda harus berinvestasi dalam perpanjangan Wi-Fi dan menghubungkannya di dekat Anda. Extender Wi-Fi memperlambat kecepatan internet, tetapi lebih baik daripada menghadapi kegagalan koneksi Wi-Fi di Android.

HUBUNGKAN TELEPON ANDROID ANDA KE WI-FI

Kegagalan koneksi Wi-Fi di ponsel Android Anda dapat membebani Anda dengan pemberat kertas. Tentunya, Anda tidak ingin menghadapi situasi seperti itu. Ikuti langkah-langkah di atas dan atasi masalah kegagalan koneksi Wi-Fi di Android. Beri tahu kami trik mana yang berhasil untuk Anda.