HP Kamu Tidak Bisa Menerima Atau Melakukan Panggilan, Ikuti Cara Ini

TEKNOMUDA.COM – Terkadang kita hampir lupa bahwa smartphone dimaksudkan untuk melakukan dan menerima panggilan. Tentu, berbicara dengan seseorang di telepon bukan lagi teknologi terbaru, terutama dengan munculnya media sosial, augmented reality (AR), virtual reality (VR), 5G, Internet of Things, dan semua hal lain yang dapat Anda lakukan dengan telepon sekarang. Namun, ketika iPhone atau Android Anda tidak dapat melakukan atau menerima panggilan, Anda benar-benar menyadari ketidakhadirannya. Hal ini terutama terjadi jika Anda mengharapkan panggilan penting dari seseorang atau jika Anda membutuhkan telepon Anda untuk bekerja.

Jika ini terjadi pada Anda, kami telah menyusun garis besar hal-hal yang dapat Anda coba saat ponsel Anda tidak melakukan atau menerima panggilan. Ini mencakup segala sesuatu mulai dari yang sederhana hingga yang paling terlibat. Tidak peduli mengapa ponsel Anda berfungsi, itu akan membuat Anda menghidupkannya kembali.

Mengapa ponsel saya tidak melakukan atau menerima panggilan?

Periksa sinyal

Dengan asumsi telepon Anda sudah hidup, Anda harus memeriksa apakah itu menerima sinyal. Ini dapat dengan mudah dilakukan di iPhone atau Android dengan melihat sudut ponsel Anda di indikator sinyal.

Pada iPhone dan sebagian besar perangkat Android, indikator sinyal dapat ditemukan di sudut kanan atas layar. Bahkan satu batang pun harus menunjukkan bahwa ada cukup sinyal untuk membuat dan menerima panggilan. Namun, jika sinyal terkadang turun sehingga Anda melihat “Tidak Ada Layanan” (atau yang serupa di Android), Anda mungkin mendapati bahwa panggilan tidak berfungsi.

Jika ini masalahnya, Anda harus mencoba pindah ke area atau lokasi dengan sinyal yang lebih kuat. Perhatikan bahwa beberapa lokasi dan bangunan – seperti terowongan dan parkir bawah tanah – akan mencegah Anda menerima sinyal apa pun. Karena itu, carilah tempat di atas atau di atas tanah yang tidak terlalu jauh (misalnya, tidak di tengah tempat lain).

Matikan mode Pesawat

Saat memeriksa bilah sinyal, Anda mungkin menemukan ikon yang menunjukkan mode Pesawat (biasanya ini akan terlihat seperti pesawat terbang). Jika ya, itu berarti mode Pesawat diaktifkan dan Anda tidak dapat menerima sinyal komunikasi apa pun. Ini juga berarti Anda harus mematikannya jika ingin melakukan atau menerima panggilan. Anda dapat melakukan ini di iPhone Anda dengan mengikuti langkah-langkah ini:

TRENDING:  Canggih! Samsung Galaxy A73 Bakal Pakai Kamera 108 MP

Langkah 1: Geser ke bawah dari kanan atas layar. Pada iPhone lama (iPhone 8 atau versi lebih lama), Anda harus menggesek layar dari bawah ke atas.

Langkah 2: Jika ikon mode Pesawat berwarna oranye, maka itu aktif. Matikan dengan mengkliknya sampai menjadi jelas.

Di sebagian besar perangkat Android, Anda dapat (menonaktifkan) mode Pesawat dengan melakukan hal berikut:

Langkah 1: Buka Pengaturan.

Langkah 2: Pilih Nirkabel dan Jaringan (atau Jaringan dan Internet atau yang serupa). Pada beberapa model, Anda mungkin harus mengeklik Lainnya setelahnya.

Langkah 3: Hapus centang mode Pesawat.

Periksa kontrak telepon Anda/hubungi operator Anda

Salah satu alasan mengapa ponsel Anda tidak dapat melakukan panggilan bisa menjadi masalah dengan operator Anda. Misalnya, kontrak telepon Anda mungkin hanya untuk jumlah menit terbatas per bulan, dan Anda mungkin telah menetapkan blokir sebelumnya untuk melebihi batas ini (agar Anda tidak dikenai biaya). Karena itu, Anda mungkin perlu menghubungi operator Anda untuk mengubah batas dan/atau larangan bulanan.

Hampir sama berlaku jika Anda menggunakan semacam prabayar atau SIM bayar sesuai pemakaian, yang membatasi panggilan dalam hal jumlah pulsa yang telah Anda beli. Periksa berapa banyak pulsa yang tersisa dan, jika Anda baru, beli lebih banyak jika Anda perlu menelepon.

Alasan di atas biasanya mencegah Anda melakukan panggilan. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, SIM Anda dapat dinonaktifkan atau diblokir, terutama jika Anda berulang kali gagal membayar tagihan bulanan tepat waktu. Jadi, Anda mungkin harus menghubungi operator Anda untuk menyelesaikan masalah apa pun.

Bahkan jika Anda tidak memiliki masalah dengan kontrak atau kartu SIM, mungkin ada baiknya menghubungi operator Anda jika terjadi pemadaman jaringan. Atau, Anda dapat memeriksa situs seperti Downdetector untuk pembaruan pihak ketiga pada status jaringan.

Periksa nomor yang diblokir

Jika Anda mengharapkan panggilan dari nomor tertentu, tetapi tidak pernah datang (bahkan ketika orang lain memberi tahu Anda bahwa mereka mencoba menelepon), Anda mungkin ingin memeriksa apakah Anda memblokirnya lebih awal. Memblokir nomor ini mencegah orang tersebut menelepon Anda, jadi jika Anda ingin menerima panggilan dari nomor tersebut, saatnya untuk membuka blokir.

TRENDING:  Ini Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy F42 5G Yang Sebentar Lagi Rilis

Jika Anda memiliki iPhone, Anda dapat membuka blokir nomor dengan membuka Pengaturan > Telepon > Kontak yang Diblokir. Selanjutnya, ketuk Edit di sudut kanan atas dan ketuk ikon tanda minus merah di sebelah nomor yang ingin Anda blokir sebelum mengetuk Buka blokir.

Dengan Android, Anda dapat membuka blokir kontak dengan membuka Telepon > Lainnya > Setelan > Nomor yang Diblokir. Anda kemudian harus mengklik Clear X dan Unblock.

Membuka blokir nomor akan memungkinkan nomor itu menelepon Anda lagi. Tentu saja, membuka blokir nomor tidak akan banyak membantu jika Anda tidak dapat melakukan panggilan.

Matikan mode Jangan Ganggu

Seperti halnya mode Pesawat, ada baiknya juga untuk memeriksa apakah Anda telah mengaktifkan mode Jangan Ganggu. Ini seharusnya tidak mencegah Anda melakukan panggilan, tetapi biasanya mencegah Anda menerimanya. Atau, setidaknya, itu akan mencegah Anda mendengar panggilan masuk karena banyak mode Jangan Ganggu (seperti Apple) hanya membungkam panggilan daripada menonaktifkannya sepenuhnya.

Jika Anda memiliki iPhone, Anda dapat mematikan mode Jangan Ganggu dengan menggesek ke bawah dari sudut kanan atas (atau ke atas dari bawah) layar. Selanjutnya tap icon Do Not Disturb (terlihat seperti bulan sabit) agar menjadi jelas.

Dengan Android, Anda dapat mematikan Jangan Ganggu dengan menggesek layar dari atas ke bawah untuk memperluas bayangan notifikasi. Kemudian tap icon Do Not Disturb sehingga berubah dari biru menjadi abu-abu.

Keluarkan dan aktifkan kembali kartu SIM

Mirip dengan saran restart permanen yang Anda dapatkan dari departemen TI, biasanya ada baiknya melepas SIM dan memasukkannya kembali. Melakukannya secara efektif menonaktifkan dan mengaktifkan kembali kartu dan mudah-mudahan akan menghapus masalah apa pun yang mencegah ponsel Anda melakukan dan menerima panggilan.

Jika Anda memiliki Android, Anda juga dapat membuka Pengaturan untuk menonaktifkan dan mengaktifkan kembali SIM, tetapi hanya jika Anda memiliki dua SIM di telepon. Buka Pengaturan > Jaringan & Internet > Kartu SIM. Ketuk kartu SIM Anda, lalu ketuk penggeser di posisi mati, yang menonaktifkannya. Terakhir, ketuk penggeser yang sama untuk mengaktifkannya kembali.

TRENDING:  Resmi Di Rilis, Ini Spesifikasi Dan Harga Samsung Galaxy M52 5G

Setel ulang pengaturan jaringan

Seperti halnya kartu SIM, Anda dapat mencoba mengatur ulang pengaturan jaringan jika Anda masih tidak dapat membuat atau menerima panggilan. Ini akan membersihkan ponsel Anda dari semua data tersimpan yang mungkin mengganggu fungsinya.

Di iPhone Anda, buka Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan Jaringan.

Di Android, buka Pengaturan > Sistem (atau Manajemen Umum) > Atur Ulang (atau Atur Ulang Opsi) > Atur Ulang Pengaturan Jaringan (atau Atur Ulang Wi-Fi, Seluler, dan Bluetooth).

Update Pembaruan sistem

Ya, kami mulai sedikit putus asa sekarang, tetapi memperbarui ke versi terbaru yang tersedia dari sistem operasi Anda sering dapat membantu dalam kasus di mana telepon Anda tidak membuat atau menerima panggilan.

Di iPhone, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Ponsel Anda kemudian akan memberi tahu Anda jika pembaruan tersedia.

Di Android, buka Pengaturan > Sistem (atau Manajemen Umum) > Lanjutan > Pembaruan Sistem.

Reset pabrik dan perbaikan pabrik

Jika Anda telah mencoba semua langkah di atas dan Anda masih tidak dapat melakukan atau menerima panggilan, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk melakukan reset pabrik. Ini pada dasarnya adalah opsi nuklir untuk masalah atau bug apa pun, tetapi ini dapat menyelesaikan masalah dalam beberapa kasus.

Di iPhone Anda, buka Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Hapus Semua Konten dan Pengaturan.

Di Android, buka Pengaturan > Sistem (atau Manajemen Umum) > Atur Ulang (atau Atur Ulang Opsi) > Hapus Semua Data (Reset Pabrik).

Tak perlu dikatakan, Anda harus selalu mencadangkan perangkat Anda sebelum melakukan reset pabrik. Informasi tentang cara melakukan ini dapat ditemukan di artikel terpisah kami tentang mencadangkan perangkat iPhone dan Android.

Namun, jika ini dan setiap opsi lainnya gagal, mungkin sudah saatnya untuk menghubungi pabrikan ponsel Anda dan menanyakan tentang kemungkinan perbaikan atau penggantian. Jika Anda memiliki iPhone, hubungi Apple dan tanyakan apakah Anda dapat mengunjungi Apple Store. Demikian juga, jika Anda memiliki Android, temukan nomor dukungan resmi atau hubungi pabrikan.