Cara Memperbaiki Eror Google Play Store Dalam Memeriksa Pembaruan

TEKNOMUDA.COM – Google Play Store adalah toko resmi untuk mengunduh aplikasi dan game di Android. Menavigasi Play Store membingungkan dan terkadang aplikasi gagal mengunduh aplikasi dan game. Terkadang Google Play Store menampilkan kesalahan saat memeriksa pembaruan di menu App and Device Manager. Anda bisa memperbaikinya.

Selama bertahun-tahun, Google telah mengubah Play Store dengan antarmuka pengguna baru. Tapi masalah di bawahnya tetap utuh. Akibatnya, pengguna sering melihat bahwa Play Store mendapatkan kesalahan untuk memeriksa pembaruan aplikasi dan game. Jika Anda termasuk di antara mereka yang terpengaruh, sekarang saatnya untuk memecahkan masalah dan menginstal aplikasi dan game terbaru di ponsel Android Anda.

1. Periksa koneksi internet Anda

Alasan terbesar mengapa Play Store gagal memeriksa pembaruan adalah koneksi internet yang tidak stabil. Pastikan ponsel Android Anda memiliki kecepatan internet yang memadai.

Coba buka beberapa tab browser di Chrome atau Firefox dan perhatikan kecepatannya. Jika Anda terhubung pada frekuensi Wi-Fi 2.4GHz, coba sambungkan dengan frekuensi 5.0GHz, ini akan meningkatkan kecepatan internet di ponsel Anda.

2. Periksa Preferensi Pembaruan Aplikasi

Google Play Store memungkinkan Anda memperbarui aplikasi di latar belakang secara otomatis. Ini dapat berguna ketika Anda terus mendapatkan kesalahan untuk memeriksa pembaruan secara manual.

Dengan aplikasi pembaruan otomatis, Anda tidak perlu repot memperbarui ke Google. Berikut cara mengatur aplikasi agar update otomatis di Google Play Store.

Langkah 1: Buka Google Play Store di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Ketuk ikon profil akun di sudut kanan atas dan buka Pengaturan.

Langkah 3: Buka Preferensi Jaringan > Perbarui Otomatis Aplikasi.

Langkah 4: Setel aplikasi pembaruan otomatis melalui jaringan apa pun atau hanya di Wi-Fi.

TRENDING:  Ini Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy F42 5G Yang Sebentar Lagi Rilis

3. Hapus cache dan data di PLAY

Google Play Store mengumpulkan data cache di latar belakang untuk membuka halaman aplikasi yang sering dikunjungi dengan cepat. Cache dan penyimpanan data yang besar dapat menyebabkan kesalahan dalam memeriksa pembaruan aplikasi baru di Play Store.

Anda perlu menghapus cache dan penyimpanan Play Store dari menu Pengaturan. Begini caranya.

Langkah 1: Temukan ikon aplikasi Play Store di laci aplikasi atau menu layar beranda.

Langkah 2: Tekan lama pada ikon Play Store dan ketuk tombol info kecil di menu konteks.

Langkah 3: Buka Penyimpanan dan Cache.

Langkah 4: Hapus Penyimpanan dan Hapus Cache dari daftar berikut.

Langkah 5: Buka aplikasi Play Store dan coba perbarui aplikasi lagi.

Atau, Anda dapat pergi ke Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Lihat semua aplikasi dan pilih Google Play Store dari daftar berikut.

4. BERIKAN GOOGLE PLAY STORE PENGGUNAAN DATA TANPA BATAS

Dengan penggunaan data yang tidak terbatas, Google Play Store dapat memperbarui aplikasi di latar belakang secara otomatis bahkan saat penyimpanan data aktif.

Langkah 1: Temukan ikon aplikasi Play Store di laci aplikasi atau menu layar beranda.

Langkah 2: Tekan lama pada ikon Play Store dan ketuk tombol info kecil di menu konteks.

Langkah 3: Buka Data Seluler & Wi-Fi.

Langkah 4: Aktifkan sakelar untuk penggunaan data tidak terbatas dari menu berikut.

5. Nonaktifkan Google Play Store

Terkadang, menonaktifkan dan mengaktifkan Play Store dari menu Pengaturan dapat memperbaiki masalah yang mengganggu.

Opsi untuk menonaktifkan Google Play Store terletak di menu informasi yang sama dengan aplikasi. Buka Pengaturan dan buka Aplikasi & pemberitahuan > Google Play Store dan nonaktifkan aplikasi dari daftar berikut. Anda dapat mengaktifkannya lagi dari menu yang sama.

TRENDING:  Menjadi Youtuber - Inilah 10 Tips Membuat Channel Youtube

Buka Play Store dan coba perbarui aplikasi lagi.

6. Setel ulang preferensi aplikasi

Biasanya, kami tidak menyarankan menggunakan trik ini kecuali benar-benar diperlukan. Mengalihkan preferensi Aplikasi akan mengatur ulang semua preferensi untuk aplikasi yang dinonaktifkan, pemberitahuan aplikasi yang dinonaktifkan, dan batasan aplikasi latar belakang untuk aplikasi dan mengatur ulang batasan izin apa pun.

Semua preferensi aplikasi khusus Anda akan hilang, dan Anda harus mengaturnya lagi. Jadi gunakan metode ini hanya jika kesalahan pemeriksaan pembaruan tidak teratasi sekarang.

Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Buka Aplikasi & notifikasi > Lihat semua aplikasi.

Langkah 3: Ketuk menu tiga titik di bagian atas dan pilih Atur ulang preferensi aplikasi.

7. Copot pemasangan pembaruan PLAY STORE

Berbeda dengan App Store di iOS, Google Play Store berfungsi sebagai aplikasi terpisah di Android. Artinya, itu tidak terkait dengan pembaruan OS Android, dan Google dapat sering merilis pembaruan Play Store untuk menambahkan fitur baru dan mengubah antarmuka pengguna.

Pembaruan Google Play Store terbaru mungkin telah merusak fungsi pembaruan di telepon. Anda dapat menghapus pembaruan ini dan kembali ke versi pabrik. Ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Tekan lama pada ikon Google Play Store dan buka menu informasi.

Langkah 2: Dari menu info aplikasi Play Store, ketuk menu tiga titik di bagian atas dan pilih opsi Hapus instalan pembaruan.

Langkah 3: Konfirmasikan keputusan Anda, dan Play Store akan kembali ke versi pabrik.

Mulai perbarui aplikasi lagi

Google Play Store menampilkan kesalahan saat memeriksa pembaruan yang mungkin mengarahkan Anda untuk mengunduh file APK dari web. Memasang aplikasi dari sumber lain alih-alih Google Play Store di Android tidak produktif dan tidak aman. Metode di atas harus memperbaiki hal-hal untuk Anda. Beri tahu kami trik yang memperbaiki kesalahan Play Store untuk Anda di komentar di bawah.

TRENDING:  Canggih! Samsung Galaxy A73 Bakal Pakai Kamera 108 MP