Masih Bingung Cek Spesifikasi PC Kamu Di Windows 10, Ini Caranya

TEKNOMUDA.COM – Apakah Anda ingin membangun PC baru atau hanya ingin pengingat cepat tentang apa yang ada di dalam desktop Anda saat ini, mengetahui cara memeriksa spesifikasi komputer pasti sangat membantu. Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Cara termudah adalah dengan melihat Windows 10, di mana ada banyak informasi yang bersembunyi di menu yang tepat. Jika Anda ingin menggali lebih dalam, ada program untuk membantu Anda melakukannya.

Berikut cara memeriksa spesifikasi PC Anda di Windows 10 hanya dalam beberapa klik.

Langkah 1: Masuk ke Menu Mulai

Klik logo Windows di kiri bawah layar Anda di bilah tugas. Atau, tekan tombol Windows pada keyboard Anda – tombol tersebut harus berada di dekat bilah spasi, di sudut kiri bawah.

Langkah 2: Masuk ke menu Pengaturan

Klik ikon roda gigi di atas tombol daya, disorot dengan warna merah pada tangkapan layar di atas, untuk masuk ke Pengaturan Windows. Anda juga dapat mengetik “Pengaturan” dengan menu Mulai terbuka. Sistem kemudian akan menyarankan aplikasi yang sesuai untuk Anda.

Langkah 3: Akses menu sistem

Klik pada partisi Sistem di sudut kiri atas. Ini akan membawa Anda ke gambaran umum dasar komputer Anda.

Langkah 4: Masuk ke bagian Tentang

Gulir ke bawah di sisi kiri Pengaturan Windows hingga Anda menemukan bagian Tentang di bagian bawah. Mengkliknya akan memberi tahu Anda beberapa hal dasar tentang komputer Anda.

Masuk ke bagian akan memberi tahu Anda tentang jenis prosesor (CPU) yang Anda gunakan, berapa banyak memori (RAM) yang telah Anda instal, dan ID perangkat keras. Ini juga menunjukkan versi sistem operasi yang Anda gunakan.

TRENDING:  Cara Mengirim Pesan di WhatsApp Tanpa Perlu Mengetik

Informasi semacam ini akan cukup dalam banyak kasus, tetapi jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang perangkat keras di dalam komputer desktop atau laptop Anda, lanjutkan saja dengan beberapa langkah berikutnya.

Langkah 5: Periksa Pengelola Perangkat untuk informasi lebih lanjut

Device Manager di Windows 10 berisi daftar lengkap semua komponen yang Anda miliki. Ada dua cara untuk mengaksesnya, dan yang pertama dapat ditemukan tanpa meninggalkan jendela pengaturan sebelumnya.

Di menu Pengaturan Terkait di sudut kanan atas bagian Tentang, klik tautan berlabel Informasi Sistem.

Selanjutnya, temukan tautan yang disebut Pengelola Perangkat di sudut kiri atas.

Atau, Anda dapat masuk ke Pengelola Perangkat menggunakan menu Mulai. Cukup ulangi langkah pertama panduan ini. Buka menu Start dengan mengklik logo Windows.

Dengan menu terbuka, ketik “pengelola perangkat”. Klik pada hasil pencarian yang disorot atau cukup tekan Enter pada keyboard Anda untuk masuk ke Device Manager.

Langkah 6: Jelajahi melalui Pengelola Perangkat

Device Manager berisi informasi tentang semua komponen di komputer atau laptop Anda. Ini memungkinkan Anda untuk melihat model yang tepat dari sebagian besar bagian perangkat keras, termasuk prosesor, kartu grafis, drive, port, periferal, dan banyak lagi.

Perluas kategori yang Anda minati dengan mengekliknya – ini akan menampilkan lebih banyak informasi tentang perangkat pilihan Anda. Misalnya, mengklik Display Adapters akan memunculkan kartu grafis (GPU). Demikian juga, mengklik Prosesor memberi tahu Anda semua tentang prosesor (CPU) yang terpasang di komputer Anda dan menunjukkan berapa banyak inti yang dimiliki CPU Anda.

Anda dapat mengklik dua kali komponen apa pun di Pengelola Perangkat untuk mempelajari lebih lanjut tentangnya, seperti statusnya, driver yang diinstal, dan banyak lagi.

TRENDING:  Gak Nyaman Sama Layar Laptopmu Yang Kotor, Ini Cara Membersihkanya

Device Manager berisi sebagian besar informasi yang Anda butuhkan tentang komputer Anda saat ini. Namun, jika Anda ingin menggali lebih dalam, lihat opsi alternatif di bawah ini.

Alternatif: Gunakan Spiky untuk melihat spesifikasi komputer Anda dengan cepat

Specky adalah program yang akan menunjukkan kepada Anda cara memeriksa spesifikasi komputer dengan mudah. Ini adalah alat yang ringan dan cepat digunakan yang memberikan informasi ukuran kecil tanpa terlalu banyak detail. Anda dapat mengunduh Speccy dari sini dan kemudian memilih antara versi gratis dan premium. Versi gratisnya cukup untuk sebagian besar pengguna.

Setelah Spiky diinstal, jalankan program. Setelah analisis cepat, Anda akan disajikan ringkasan komponen komputer Anda. Spiky juga menyoroti suhu dan memperingatkan Anda jika komputer Anda terlalu panas. Jika suhu terlalu tinggi, Anda mungkin memerlukan pendingin yang lebih baik, tetapi ada juga banyak alasan lain di balik masalah ini.

Anda juga dapat mengklik Tentang Program di sisi kiri. Pergi ke bagian mana pun akan memberi tahu Anda lebih banyak tentang komponen spesifik itu.