Cara Mudah Kirim Foto Dan video Di Google Drive Lewat Aplikasi Dan PC

TEKNOMUDA.COM – Menjadi aplikasi penyimpanan cloud default di Android, Google Drive adalah layanan cloud paling populer di kalangan konsumen. Meskipun ada banyak kemampuan berbagi Google Drive di aplikasi Foto Google, beberapa masih lebih suka Google Drive untuk mengirim foto dan video. Berikut cara berbagi foto dan video menggunakan Google Drive di desktop dan aplikasi seluler.

Ini semua tentang kenyamanan dan kemampuan beradaptasi. Dengan popularitas dan adopsi yang meluas, Anda lebih mungkin menemukan orang lain dengan ID Gmail/Google yang valid. Itu membuat berbagi melalui Google Drive lebih lancar dari sebelumnya.

aplikasi seluler google drive

Pertama, kita akan berbicara tentang cara berbagi foto dan video di Google Drive menggunakan aplikasi seluler. Karena Android dan iOS membawa antarmuka pengguna Google Drive yang identik, Anda dapat menggunakan langkah-langkah di platform apa pun untuk menyelesaikan sesuatu.

Unggah foto dan video ke Google Drive

Sebelum Anda mulai berbagi file, Anda harus terlebih dahulu mengunggah foto dan video Anda ke folder yang relevan di aplikasi Google Drive.

Pada contoh di bawah ini, kami menggunakan aplikasi Google Drive iOS.

Langkah 1: Buka aplikasi Google Drive di iPhone.

Langkah 2: Ketuk ikon + di bagian bawah dan pilih folder.

Langkah 3: Beri nama yang relevan dan tekan tombol Buat.

Langkah 4: Untuk kustomisasi, Anda dapat mengklik menu tiga titik di sebelah nama folder dan mengubah warna folder dari abu-abu default menjadi warna apa pun (24 opsi warna untuk dipilih).

 

Langkah 5: Buka folder yang baru dibuat dan ketuk ikon +, dan pilih Unggah.

Langkah 6: Pilih foto dan video, berikan izin yang sesuai untuk mengakses semua file media di telepon dan buka menu perpustakaan foto.

TRENDING:  Komputer Anda Sering Kena Virus, Inilah Antivirus Terbaik 2021

Langkah 7: Pilih foto dan video yang ingin Anda bagikan dan tekan tombol unggah di bagian atas.

Langkah 8: Tergantung pada kecepatan internet Anda, Google Drive akan mengunggah media dalam format asli tanpa kompresi apa pun.

Atau, Anda dapat langsung membuka aplikasi Foto di iPhone atau Android Anda. Pilih foto dan video yang ingin Anda kirim dan gunakan menu bagikan untuk mengunggahnya ke folder Google Drive yang relevan dengan tujuan.

Setelah Anda mengunggah file media ke folder Google Drive, file tersebut siap dibagikan antara teman dan keluarga.

bagikan folder google drive

Ada dua cara untuk berbagi folder Google Drive. Anda dapat membuat tautan yang dapat dibagikan atau menambahkan anggota secara langsung. Berikut cara membagikan folder Google Drive.

Langkah 1: Buka aplikasi Google Drive dan arahkan ke folder.

Langkah 2: Ketuk menu tiga titik dan pilih Bagikan.

Langkah 3: Tambahkan ID Akun Google pengguna lain untuk bergabung dengan folder dan mulai membuat perubahan. Atau Anda dapat memilih salin tautan dan bagikan tautan undangan folder secara langsung melalui saluran media sosial apa pun.

Kapan saja, Anda dapat membuka opsi “Kelola orang dan tautan” dan hapus orang darinya atau ubah pengaturan tautan dari “Dibatasi untuk siapa saja yang memiliki tautan”.

Dengan opsi “Dibatasi”, hanya orang yang ditambahkan yang dapat mengakses dan melihat file media dalam folder. Opsi “Siapa saja yang memiliki tautan” membuka tiga izin lagi.

Penonton: Hanya orang lain yang memiliki tautan yang dapat melihat konten dalam folder.

Komentator: Mereka yang memiliki tautan Drive dapat memberikan komentar tentang umpan balik mereka.

Editor: Ini memberi siapa pun yang memiliki tautan kebebasan penuh untuk membuat perubahan pada konten. Mereka dapat mengunduh, mengedit, dan bahkan menghapus foto dan video dari folder tersebut. Berhati-hatilah saat menggunakan izin editor.

TRENDING:  Masih Bingung Cek Spesifikasi PC Kamu Di Windows 10, Ini Caranya

Itu semua tergantung pada kasus penggunaan Anda. Jika Anda berencana untuk berbagi foto dan video menggunakan Google Drive di web ke komunitas luas, siapa pun yang memiliki opsi tautan akan tepat untuk Anda.

Mereka yang bertujuan untuk berbagi foto dan video dengan sekelompok orang tertentu harus tetap menggunakan opsi terbatas.

web google drive

Anda juga dapat berbagi foto dan video menggunakan Google Drive di web. Sangat nyaman bagi mereka yang memiliki foto dan video yang disimpan di komputer mereka.

Langkah 1: Kunjungi Google Drive di web dan masuk dengan kredensial akun Google Anda.

Langkah 2: Klik tombol Baru di sisi kiri dan buat folder baru yang ingin Anda bagikan.

Langkah 3: Beri nama yang relevan, ubah warna folder, dan Anda siap mengunggah foto dan video ke sana.

Langkah 4: Arahkan ke file media yang tersimpan di komputer. Pilih foto-foto itu dan seret ke folder Google Drive di web.

Langkah 5: Setelah diunggah ke folder, Anda dapat kembali ke beranda Google Drive.

Langkah 6: Pilih folder yang ingin Anda bagikan dan klik tombol Buat Tautan atau Bagikan di bagian atas.

Opsi berbagi mirip dengan apa yang kami diskusikan untuk aplikasi seluler Google Drive.

Nikmati berbagi media tanpa jaminan dengan Google Drive

Kami tahu bagaimana Google Foto mengungguli Google Drive dengan berbagi mitra dan integrasi sosial yang lebih baik seperti suka dan komentar. Tetapi yang terakhir juga memiliki kelebihan. Dengan Google Drive, Anda memiliki kontrol lebih besar atas cara Anda berbagi foto dan video dengan orang lain.