RAM DDR5 Akan Jauh Lebih Cepat Daripada DDR4

TEKNOMUDA.COM – Memori DDR5 ada di depan mata, dan produsen terkemuka sedang bersiap untuk merilisnya. Corsair merupakan salah satu brand yang sedang bersiap untuk merilis RAM DDR5 dalam waktu dekat. Perusahaan mengungkapkan lebih banyak tentang kemampuan RAM DDR5, serta beberapa kesulitan, termasuk fakta bahwa ia akan berjalan jauh lebih panas daripada DDR4.

Pemanasan tidak mengejutkan. RAM terbaik di jajaran DDR5 akan empat kali lebih kuat dari pendahulunya, menghasilkan lebih banyak panas. Namun, menurut George McCriss, direktur pemasaran di Corsair, alasannya juga terletak pada desain modul memori itu sendiri.

“DDR5 dapat bekerja lebih panas daripada DDR4, karena ia memindahkan pengaturan tegangan dari motherboard itu sendiri, dan sekarang ada di [modul RAM], sehingga Anda benar-benar dapat memompa lebih banyak panas,” kata George McCriss di saluran bajak laut YouTube.

Telah diumumkan bahwa memori DDR5 baru akan menampilkan kecepatan yang belum pernah terdengar sebelumnya. Bahkan kecepatan clock terendah akan sama atau melebihi angka tertinggi yang dihasilkan oleh RAM DDR4. Corsair mengatakan kecepatan transfer data akan dimulai dari 6.400 MT/s dan naik menjadi 12.600 MT/s. Teknologi ini juga diharapkan dapat mendukung clock hingga 8400MHz.

Selain peningkatan kecepatan, setiap chip RAM akan memiliki kapasitas yang jauh lebih besar. Sementara RAM DDR4 memiliki kapasitas maksimum 32GB per DIMM, memori DDR5 baru akan dapat mendukung hingga 128GB. Upgrade keren ini harus membutuhkan pendinginan yang lebih baik. Menurut Corsair, mencapai eskalasi semacam ini hanya akan mungkin dengan mengaktifkan sirkuit terpadu manajemen daya (PMIC) serta modul pengatur tegangan (VRM).

Penyebar panas belum menjadi perhatian produsen RAM – ini berlaku untuk era DDR3 dan DDR4. Ini mungkin masih berubah ketika menyangkut DDR5, karena kartu memori menjadi lebih kompleks dan mengambil daya dari bagian-bagian perangkat keras. Corsair mengklaim bahwa sistem pendingin yang ada yang digunakan untuk membangun RAM DDR5 baru akan terus mempertahankan suhu yang stabil.

TRENDING:  Bocor, Inilah Tanggal Rilis Dan Pre-Order iPhone 13

Teknologi DDR5 dikembangkan dengan mempertimbangkan perangkat masa depan. Dengan standar saat ini, lonjakan kinerja mungkin tampak agak berlebihan, tetapi dalam beberapa tahun kemungkinan akan menjadi norma – dan DDR5 dimaksudkan untuk mendukung kemajuan itu.

Pengukuran kecepatan transfer data di masa depan dimungkinkan oleh beberapa opsi desain. Modul RAM DDR5 dilengkapi dengan PMIC dan VRM mereka sendiri, memungkinkan untuk beberapa overclocking yang serius – tetapi komponen ini memerlukan pendinginan tambahan. Hal ini didukung oleh peningkatan tegangan. Adata sudah menguji desain 1,6 Volt untuk DIMM terbaru. Normanya adalah 1,1 volt, yang berarti 45% lebih banyak dari yang biasa kita gunakan saat ini. Tegangan lebih semacam ini akan menghasilkan lebih banyak panas.

Corsair berencana untuk merilis modul memori DDR5 pertamanya akhir tahun ini, dan kemungkinan akan memenuhi tenggat waktu peluncurannya bersama dengan prosesor Intel generasi ke-12. Apakah pendinginan modul RAM yang luar biasa kuat akan menjadi masalah masih belum jelas, tetapi itu pertanda baik bahwa Corsair masih menyadarinya sejak dini.