Pengertian Dan Tujuan Investasi Jangka Panjang Yang Wajib Diketahui

TEKNOMUDA.COM – Apa yang Kamu pikirkan ketika mendengar kata investasi jangka panjang? Pastinya yang terlintas di awal adalah soal uang. Tidak salah memang, karena investasi adalah sesuatu yang ada hubungannya dengan uang. Meski tidak selalu investasi itu dalam bentuk uang, namun uang bisa menjadi perantara untuk membeli atau mengambil produk investasi yang diinginkan.
Investasi jangka panjang merupakan investasi dimana daya yang digunakan akan dijalankan terus menerus dan baru bisa dicairkan apabila jangka waktu tersebut telah jatuh tempo (minimal satu tahun). Investasi jangka panjang bisa dikatakan sama seperti menanam kekayaan atau modal dari seseorang atau sebuah perusahaan guna mendapat penghasilan tetap.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Tentu saja setiap investasi memiliki tujuan yang menguntungkan bagi siapa saja yang melakukannya. Adapun beberapa tujuan investasi jangka panjang yaitu diantaranya:

  • Sebagai pengendali sebuah perusahaan atau orang tertentu dengan kepemilikan modal.
  • Menjamin ketersediaan bahan baku produksi di pasar untuk produk yang akan dihasilkan.
  • Mengarahkan dana perusahaan secara khusus. Misalnya untuk kepentingan sosial atau untuk kepentingan ekspansi sebuah perusahaan.
  • Mengurangi persaingan diantara perusahaan sejenis.
  • Memperoleh penghasilan pasif pada waktu tertentu seperti bunga, dividen dan uang sewa.
  • Risiko Investasi Jangka Panjang

Setiap orang pasti menginginkan hari tua yang menjanjikan, hidup berkecukupan sehingga tidak bingung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ada banyak cara untuk mewujudkan impian tersebut, salah satunya dengan menyiapkan dana pensiun melalui investasi jangka panjang. Dengan melakukan investasi, artinya Anda sudah mengamankan harta untuk masa depan.

Kebanyakan investor lebih memilih investasi jangka panjang karena nilai uang terus meningkat seiring waktu berjalan. Hal inilah yang mengakibatkan keuntungan investasi jangka panjang lebih menggairahkan. Meskipun demikian investasi jangka panjang tidaklah mudah, ada banyak faktor risiko yang harus siap ditanggung oleh investor.

TRENDING:  Aplikasi Menolak Menutup Dan Masih Berjalan di Android, Ini Caranya

Prinsip high risk, high return merupakan bagian yang tidak lepas jika bicara soal investasi. Hal ini menggambarkan semakin tinggi risiko sebuah investasi maka akan sepadan dengan hasil yang didapatkan. Prinsip ini sangat erat kaitannya terutama bagi Anda pelaku investasi jangka panjang.

Baca Juga: Beberapa Resiko Investasi Jangka Panjang Untuk Pertimbangan Kamu

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Investasi Jangka Panjang