Asus Rilis Laptop Chromebook Rp 5 Jutaan, Cocok untuk Belajar Online

TEKNOMUDA.COM – Asus resmi mengumumkan laptop Chromebook C214 di Indonesia pada Minggu (22/8). Laptop ini menyasar konsumen pelajar yang kini mesti belajar online selama pandemi corona.

Laptop Asus Chromebook C214 hadir dengan layar LED seluas 11,6 inci dengan resolusi HD. Ia tergolong laptop yang ringan karena bobotnya hanya 1,2 kg.

Untuk mempermudah pengalaman belajar di laptop, Asus Chromebook C214 hadir dengan teknologi layar sentuh. Keberadaan layar sentuh di laptop ini cukup penting karena laptop tersebut bisa mengoperasikan aplikasi Android yang biasa dirancang untuk penggunaan layar sentuh.

Asus Chromebook C214 dibekali dengan layar flip screen 360 derajat, sehingga laptop ini dapat digunakan layaknya sebuah tablet. Asus juga menyediakan stylus khusus (opsional) sehingga Chromebook C214 dapat difungsikan sebagai papan gambar digital.

Karena menyasar pengguna anak-anak, laptop Asus Chromebook C214 dibekali dengan segambreng fitur tahan banting. Fitur-fitur ini termasuk bumper karet di keempat ujung sudut laptop, tamper-resistant keyboard yang kedap tumpahan air, hingga tekstur 3D di penampang bodi supaya enggak gampang tergores.

Asus juga mengeklaim kalau laptop tersebut telah lulus standar daya tahan kelas militer MIL-STD-810G. Untuk mendapat standar tersebut, laptop Asus Chromebook C214 telah dites tahan air uji jatuh hingga ketinggian 120 cm.

Tak hanya punya fitur tahan banting, laptop Asus Chromebook C214 juga dilengkapi dengan sejumlah aplikasi dan layanan khusus edukasi seperti Google Classroom. Laptop ini berjalan dengan sistem operasi Chrome OS, sehingga antarmukanya simpel dan lebih mudah digunakan oleh anak-anak. Ia juga dibekali dengan kamera 5 MP beresolusi HD untuk menunjang perekaman video conference.

Laptop Asus Chromebook C214 ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4000 yang sudah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi edukasi yang terdapat di Chrome OS. Kemampuan tersebut dilengkapi dengan memori DDR4 RAM sebesar 4GB serta penyimpanan berupa eMMC hingga 32GB.

TRENDING:  Gak Nyaman Sama Layar Laptopmu Yang Kotor, Ini Cara Membersihkanya

Laptop ini total memiliki 5 port yang terdiri dari sebuah audio jack, satu port USB Type-A, 2 port USB Type-C, dan sebuah port micro SD card. Ia juga punya sistem stereo speaker, serta konektivitas Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac) dan Bluetooth 5.0.

Asus Chromebook C214 hadir dengan fitur gratis berlangganan layanan Google One selama satu tahun dan cloud storage hingga 100GB. Di Indonesia, ia dibanderol dengan harga Rp 5.609.000 dan garansi hingga 3 tahun.