TV Samsung Curian Bisa Diblokir dari Jarak Jauh, Ini Cara Kerjanya

TEKNOMUDA.COM – Samsung mengumumkan sebuah fitur keamanan baru yang diberi nama TV Block, memungkinkan untuk memblokir TV jika dicuri.

Fitur ini muncul setelah adanya laporan beberapa TV telah dicuri dari gudang Samsung di Afrika Selatan.

Menurut Samsung, TV Block ini bisa menjadi solusi keamanan jarak jauh yang dapat mendeteksi jika TV diaktifkan tanpa dibeli.

Dikutip dari CNet, Kamis (26/8/2021), fitur TV Block ini sudah dihadirkan di semua produk TV Samsung.

Fitur ini juga mencegah pencuri agar tak menjual perangkat karena TV tidak akan berfungsi.

Cara kerjanya, jika pencuri menghubungkan TV rampasannya ke internet saat menyiapkan perangkat, nomor seri TV akan diidentifikasi di server perusahaan asal Korea Selatan itu.

Setelah itu, Samsung akan memblokir nomor seri TV tersebut. Pemblokiran ini akan menonaktifkan semua fungsi TV yang membuat perangkat tidak bisa digunakan.

Apabila TV diblokir secara tidak sengaja, Samsung akan memulihkannya setelah pemilik dapat memberikan bukti pembelian dan lisensi TV ke toko ritel selaku penjual.

Pengguna dapat mengirim bukti pembelian ke zaservicemanager@samsung.com untuk validasi dan bakal menerima balasan dalam waktu 48 jam.

Namun, masih belum jelas apakah Samsung menyediakan fitur TV Block hanya untuk pencurian skala besar, atau turut diberikan ke pembeli TV yang sah jika mereka jadi korban pencurian.

Tim CNet sampai saat ini masih menunggu informasi dari Samsung.

TRENDING:  Akhirnya! Apple Siap Merilis iPhone 13 dengan Penyimpanan Luas, 1TB