Cara Mengirim Pesan di WhatsApp Tanpa Perlu Mengetik

TEKNOMUDA.COM – Kita terkadang merasa malas untuk mengetik pesan WhatsApp menggunakan keyboard virtual di HP. Jika kalian sedang mager (malas gerak), berikut ini kami akan membagikan cara mengirim pesan di WhatsApp tanpa perlu mengetiknya.

Apabila kita sedang makan atau melakukan hal sibuk lain, salah satu fitur di HP Android dapat mempermudah kita untuk mengirim pesan.

Fitur yang dimaksud adalah asisten suara virtual. Pemilik HP Android dapat memanfaatkan Google Assistant untuk mengoperasikan WhatsApp (WA).

Kita hanya perlu memberikan perintah suara sehingga Google Assistant dapat menerjemahkannya menjadi pesan teks.

Untuk melakukan deretan langkah di bawah, kalian harus memastikan bahwa aplikasi WhatsApp dan Google Assistant sudah ter-update.

Anda perlu pergi ke menu Google Assistant (Asisten Google) > klik gambar profil di bagian pojok kanan atas > Voice Match.

Langkah tersebut perlu dilakukan agar aplikasi dapat mengenali perintah suara yang diberikan. Kalian perlu memasukkan rekaman suara “OK Google” dan “Hey Google” milik Anda sehingga asisten suara virtual dapat mengenali jenis suara pemilik smartphone.

Setelah personalisasi Google Assistant dan WhatsApp sudah ter-update, berikut cara mengirim pesan di WhatsApp tanpa perlu mengetiknya:

1. Masuk ke Google Assistant, lalu kirim perintah “OK Google” atau “Hey Google”. Aplikasi akan memberikan jawaban “Halo ada yang bisa saya bantu?” atau “How Can I Help”.

2. Setelah ditanya oleh Google Assistant, Anda perlu memberikan pesan suara “Send a WhatsApp message to…” . Fitur dari Google tersebut akan menjawab dengan suara berbahasa Inggris atau Indonesia, tergantung pengaturan pada Google Assistant sebelumnya. Anda perlu memberikan perintah dengan suara yang jelas dan jernih agar Google Assistant dapat merespons dengan benar.

TRENDING:  ICloud Anda Penuh? Inilah 5 Tips Cara Mengosongkan Ruangnya

3. Ketika langkah kedua diberikan, Google Assistant akan memberikan pertanyaan “Who do you want to message”. Kalian perlu menyebutkan nama kontak WhatsApp yang ingin dikirimi pesan.

4. Jika langkah Anda direspons, maka Google Assistant bakal melempar pertanyaan “OK, What’s The Message” atau “OK, apa isi pesannya?”. Anda hanya perlu memberikan isi pesan melalui perintah suara di mana Google Assistant akan menerjemahkan secara otomatis ke dalam pesan teks.

5. Setelah itu, maka asisten virtual bakal menanyakan kembali apakah Anda ingin mengirim pesan, membatalkan, atau mengubahnya. Jika isi pesan sudah sesuai, maka Anda bisa menjawab “Yes” ketika muncul pertanyaan “Ready to send it?”.

6. Itulah tadi cara mengirim pesan di WhatsApp tanpa perlu mengetik langsung di keyboard virtual smartphone Android, langkahnya mudah bukan?