Besarnya tegangan permukaan air sabun dapat ditentukan dengan

Besarnya tegangan permukaan air sabun dapat ditentukan dengan menggunakan sebuah kawat. Pada keadaan setimbang, maka gaya permukaan air sabun sama dengan gaya berat kawat. Lapisan air sabun memiliki dua permukaan maka gaya permukaan bekerja sepanjang 2l, maka besarnya tegangan permukaan zat cair dapat dinyatakan:

a. γ = 2F/l

b. γ = 2F/2l

c. γ = F/2l

d. γ = 2l /F

e. γ = 2l /2F

Jawaban : C

Pembahasan : 

Misalkan, gaya yang kita kerahkan adalah T, maka besar gaya ke bawah adalah gaya T ditambah berat kawat, W. Sehingga resultan gaya pada kawat dapat kita tuliskan: F = T + W F adalah gaya yang menyebabkan kawat kedua naik ke atas. Gaya ini adalah gaya tegangan permukaan. Misalkan, panjang kawat kedua adalah l, larutan sabun yang mengenai kawat kedua memiliki dua permukaan sehingga gaya permukaan bekerja sepanjang 2l.

Gaya F yang bekerja pada kawat sebanding dengan panjang permukaan. Kita bisa menuliskannya sebagai: F = γd γ adalah koefisien tegangan permukaan, d adalah panjang permukaan, F dalah gaya tegangan permukaan. Pada contoh ini panjang permukaan adalah 2l sehingga kita bisa menuliskan: γ = F/2l. Jadi jawaban yang benar adalah c

Originally posted 2022-03-11 11:38:16.