Bingung Menginstal SSD, Bigini cara Memasangnya Dengan Mudah Part 2

Cara Memasang SSD SATA 2,5 Inci di Komputer Desktop

TEKNOMUDA.COM – Sekarang mari kita lanjutkan ke menginstal SSD SATA 2,5 inci. Instalasi ini lebih bergantung pada kondisi PC yang Anda gunakan dan di mana Anda ingin meletakkannya, jadi ada variasi kemungkinan yang tidak terbatas.

Alih-alih panduan langkah demi langkah yang mendetail, kami akan membahas dasar-dasar yang akan selalu berlaku untuk setiap penginstalan. Sekali lagi saya berasumsi Anda sudah memiliki drive, jika tidak, lihat kumpulan SSD terbaik kami.

 

Dua opsi paling umum untuk memasang drive di komputer adalah dengan menempatkannya di sangkar drive atau memasangnya di casing itu sendiri. Sangkar drive biasanya memiliki beberapa cara untuk memasang drive ke baki, dan baki itu meluncur ke dalam sangkar.

Memasangnya ke casing dapat melibatkan menancapkan drive ke logam, atau memasukkan drive ke dalam baki terlebih dahulu dan kemudian memasangnya. Either way, berhati-hatilah untuk memastikan Anda memiliki panjang kabel yang cukup untuk merutekan kabel dengan aman di dalam kasing.

 

Instalasi SSD SATA 2,5 inci: Kabel Diperlukan

Saat memasang SSD SATA 2,5 inci, Anda akan selalu membutuhkan dua hal: kabel data SATA dan akses ke kabel daya SATA. Kebanyakan motherboard menyertakan kabel data SATA, yang digunakan untuk mentransfer data dari drive ke motherboard. Cari kabel yang panjang, tipis, dan datar — terkadang dengan konektor berbentuk L di ujungnya.

Kabel daya SATA, yang memasok daya ke drive, akan disertakan dengan catu daya. Biasanya memiliki beberapa konektor.

 

Instalasi SATA SSD 2,5 inci: Menghubungkan kabel

Untuk menggunakan SSD, kabel harus dicolokkan dan diamankan ke drive setiap saat. Tergantung di mana drive dipasang di casing, mungkin lebih mudah untuk menghubungkan kabel sebelum memasang drive.

TRENDING:  Mau Upgrade RAM Bingung Cara Pasangnya, Ini Cara Memasangnya

Menghubungkan kedua kabel itu sederhana: temukan ujung drive dengan koneksi, dan perhatikan bahwa ada dua. Port yang lebih pendek untuk kabel antarmuka, dan port yang lebih panjang untuk kabel daya. Jika Anda melihat lebih dekat, setiap port akan ditandai dengan takik kecil yang menunjukkan arah yang benar untuk menghubungkan kabel.

Untuk alasan ini, hanya ada satu cara untuk mengencangkan kabel, jadi masukkan dan masukkan dengan erat. Kabel antarmuka mencakup mekanisme penguncian primitif yang memberikan klik halus saat dimasukkan. Kabel daya tidak terkunci, jadi pastikan untuk menekannya sepenuhnya untuk koneksi yang aman.

 

Pasang SSD SATA 2,5 inci: Sambungkan ke motherboard

Anda kemudian perlu menghubungkan kabel antarmuka ke motherboard. Kemungkinan ada banyak ceruk untuk dipilih, jadi sekaranglah saatnya untuk berkonsultasi dengan pemandu Anda

Anda perlu mencari di mana direktori mengarah ke port SATA pada motherboard Anda. Untuk mendapatkan bandwidth maksimum dari SSD Anda, Anda harus terhubung ke port SATA 6Gbps, tetapi port 3Gbps yang lebih lambat juga akan berfungsi dengan baik.

Dalam contoh ini, Anda dapat melihat bahwa motherboard ini memiliki enam port SATA 6G, dan ditumpuk dalam tiga kolom dari dua port. Biasanya Anda ingin menggunakan port secara berurutan, jadi jika penomoran dimulai dari satu, pilih itu dan pilih port pada motherboard itu sendiri.

Pada komputer jarak jauh modern mana pun, kinerjanya harus sama, tetapi pada komputer lama, port pertama biasanya memiliki kinerja tertinggi. Ketika port ditumpuk dengan cara ini kadang-kadang, dapat sedikit membingungkan untuk mengetahui nomor yang mana, jadi luangkan waktu Anda dan perhatikan baik-baik. Kabel ini akan tetap di tempatnya, jadi setelah Anda cukup memasukkannya, Anda akan mendengar bunyi klik halus untuk mengetahui bahwa Anda aman.

TRENDING:  iOS 15 Banjir Fitur : Ini Dia Tanggal Rilis, Perangkat Kompatibel, Versi Betanya

 

Memasang SSD SATA 2,5 inci: Catatan Akhir

Saat menutup penginstalan SATA SSD, ada beberapa catatan berguna.

Beberapa konektor data SATA memiliki colokan berbentuk L, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Steker berbentuk L berguna dalam situasi di mana Anda harus menjaganya tetap rendah agar kabel tidak tersangkut di suatu tempat. Baik kabel berbentuk L maupun lurus menawarkan kinerja yang sama.

Kabel daya SATA kemungkinan akan memiliki banyak port. Ini untuk memungkinkan Anda memasang beberapa drive atau periferal ke kabel yang sama.

Steker mana yang Anda gunakan tergantung pada panjang yang perlu Anda jangkau untuk menghubungkan drive dan apakah kabel itu juga memerlukan akses ke port lain. Semua soket akan bekerja dengan cara yang sama.

Akhirnya, saran untuk Windows 10! Jika Anda memasang SSD M.2 dan SATA, Anda mungkin merasa bingung drive mana yang tepat untuk menginstal Windows.

Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan menjaga drive SATA SSD tetap offline saat proses instalasi sedang berlangsung, jadi tidak ada pilihan untuk menginstal Windows selain NVMe SSD berkinerja tinggi. Setelah boot, pasang kembali drive SATA, format, dan Anda siap untuk boot.