Di Pastikan Masuk Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkap Asus ROG Phone 5

TEKNOMUDA.COM – Setelah berbulan-bulan berbisik, Asus telah meluncurkan ROG Phone 5 generasi keempat, benar-benar mengabaikan merek “4” yang sering dianggap sial di China. Meskipun mungkin terlihat mirip dengan pendahulunya di luar, Asus telah bekerja keras untuk meningkatkan tidak hanya kemampuan perangkat keras dari ponsel gaming, tetapi juga perangkat lunaknya.

Nikmati serangkaian aksesori, sistem raster RGB baru, dan Snapdragon 888 terbaru dan terhebat dari Qualcomm, dan Anda akan memiliki semua komponen yang diperlukan untuk ponsel gaming yang hebat. Tapi, apakah layak membeli ponsel gaming dengan begitu banyak alternatif yang mumpuni, termasuk Samsung Galaxy S21 Ultra dan Apple iPhone 12 Pro Max? Saya telah menghabiskan beberapa waktu untuk memainkannya di ROG Phone 5, dan itulah yang saya pikirkan.

Desain dan Bangun

Tersedia dalam varian warna putih dan hitam, Asus ROG Phone 5 langsung dikenali sebagai ponsel gaming, lengkap dengan detail grafis luar angkasa di bagian belakang yang mengkilap dan logo ROG yang menyala yang dengan cepat menjadi bahasa desain utama ROG Phone, meskipun datang dengan cara yang sama sekali berbeda kali ini.

Asus meminjam desain dot matrix dari ROG Zephyrus G14 yang populer, yang memungkinkan laptop untuk menampilkan teks dan grafik sederhana lainnya pada tutupnya, dan meletakkannya di bagian belakang ROG Phone 5. Sedangkan ide menampilkan teks sederhana dan grafis mungkin terdengar menarik dalam mode seperti titik, bawa kuda Anda : Tidak seperti rekan laptopnya, Anda hanya dapat menampilkan logo ROG di ROG Phone 5.

Asus ingin menunjukkan bahwa Anda sekarang dapat memilih dua warna sekaligus untuk pengalaman yang lebih dapat disesuaikan, dan meskipun gradasi warna menyenangkan mata, itu tidak semenarik yang diharapkan banyak orang – terutama ketika ROG Phone 5 Pro dan edisi terbatas 5 Ultimate dirilis dengan tampilan PMOLED Vision yang ditingkatkan (dan sepenuhnya dapat disesuaikan) daripada logo bitmap.

Anda dapat menyesuaikan logo dot matrix untuk menampilkan warna yang berbeda saat Anda melakukan tindakan yang berbeda, seperti berdenyut saat mengisi daya atau berkedip warna tertentu saat Anda mendapatkan teks, yang merupakan sentuhan yang bagus, tapi bisa dibilang lebih untuk orang-orang di sekitar Anda daripada untuk Anda sendiri manfaat. Lagipula, Anda tidak bisa melihat pencahayaan RGB saat Anda bermain game.

Bagian belakang glossy berkemampuan RGB ini dilindungi oleh Gorilla Glass 3, sedangkan bagian depan mendapat perawatan Gorilla Glass Victus. Mereka yang khawatir tentang kerusakan smartphone akan senang mendengar bahwa kasing – lengkap dengan slot untuk panel RGB – disediakan secara gratis, yang ada di dalam kotak di sebelah telepon itu sendiri.

Balikkan smartphone dan Anda akan melihat layar yang lebih besar dari pendahulunya 6,6 inci, berukuran 6,8 inci, tetapi tidak ada banyak perbedaan dalam hal dimensi pada 172,8 x 77,2 mm x 10,3 mm. Itu dimungkinkan berkat pengurangan bezel – sebesar 25%, menurut Asus – dan meskipun ini merupakan perubahan yang disambut baik, masih ada dahi dan dagu yang terlihat pada ROG Phone 5.

Asus mengklaim ini disengaja, memungkinkan untuk memasukkan speaker stereo yang menghadap ke depan dan membantu mengurangi sentuhan yang tidak diinginkan saat bermain game, tetapi tetap saja. Mereka disana.

Layarnya tinggi, dan memiliki aspek rasio 20,4:9, yang membuatnya mudah dipegang dengan satu tangan, tetapi kekurangannya adalah terlalu tinggi untuk digunakan dengan satu tangan. Saya memiliki tangan yang cukup besar dan bahkan hanya bisa menjangkau bagian tengah layar dengan ibu jari saya, dan harus menggerakkan ponsel dengan canggung di bawah telapak tangan saya jika saya perlu mengetuk sesuatu di bagian atas layar. Anda akan segera menemukan diri Anda kembali menggunakan dua tangan, yang tidak selalu ideal.

Ini juga sebagian kecil dari beratnya, pada 238 gram, terlihat ketika Anda pertama kali mengambil smartphone. Tidak masalah jika Anda memainkannya dengan tangan, tetapi karena layarnya yang tinggi, layar ini bisa menjadi sedikit tidak nyaman di tangan selama penggunaan sehari-hari.

Anda akan menemukan port USB-C dan jack 3,5mm di bagian bawah, bersama dengan bagian belakang port USB-C sekunder yang dipasang di samping. Ini adalah fitur pintar, yang memungkinkan Anda mengisi daya ponsel sambil memegang ponsel cerdas secara horizontal, tetapi casing karet kecil terasa agak murahan, dan tanpa lampiran ponsel cerdas, saya merasa pada akhirnya mungkin akan lepas dan hilang.

Oh, dan jangan repot-repot menggunakan ROG Phone 5 Anda di tengah hujan, karena tidak ada peringkat IP dan karena itu, mungkin macet jika basah.

Pengalaman Bermain Game Terbaik

Tentu saja, ROG Phone 5 dirancang untuk menjadi smartphone gaming terbaik, jadi apa yang ditawarkan? Sebenarnya, pertanyaan yang lebih baik adalah dari mana saya harus memulai? Karena ada banyak hal yang terjadi di sini, Nak.

Perangkat Keras

Mari kita mulai dengan salah satu fitur ponsel ROG yang paling disukai, AirTriggers. Seharusnya tidak mengherankan bahwa teknologi itu ada dan diperhitungkan di ROG Phone 5, menawarkan lebih banyak sensor dan pemosisian yang lebih baik untuk pengalaman pengoperasian yang lebih baik saat bermain game, dan Asus juga telah memperluas tampilan berbasis gerakan, memungkinkan Anda untuk memulai tindakan dengan memiringkan smartphone Putar atau getarkan.

TRENDING:  Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3 Thom Browne Edition Seharga Rp 52 Juta Ludes

AirTriggers adalah fitur favorit saya dari ponsel ROG secara keseluruhan, menawarkan sesuatu yang mirip dengan pemicu konsol tradisional tanpa memerlukan aksesori tambahan, dan Anda dapat menyesuaikan titik pemicu tergantung pada apakah Anda ingin mengaktifkan dengan sentuhan atau ketuk juga.

Mereka yang menginginkan pengalaman lebih seperti Switch memiliki opsi untuk memilih pengontrol Kunai 5 opsional, yang menawarkan tombol bahu ganda, stik analog, dan tombol lainnya untuk meningkatkan pengalaman bermain game seluler. Baik pemain built-in dan Kunai 5 dapat diatur ke game apa pun, tidak hanya yang mendukung konsol, menyediakan kompatibilitas dengan game paling populer termasuk Call of Duty Mobile dan Fortnite

Perlu dicatat bahwa Kunai 3 yang lebih lama kompatibel dengan ROG Phone 5, tetapi dengan perubahan dimensi yang halus, Anda memerlukan casing pelindung baru untuk melakukannya.

Meskipun layarnya sedikit lebih besar dari ROG Phone 3, namun serupa dalam banyak hal: layarnya bergoyang pada kecepatan refresh 144Hz yang sama untuk gameplay yang mulus, fitur resolusi FHD+ (2448 x 1080) dengan waktu respons 1 ms yang mengesankan, Dengan maksimum kecerahan 482 cd/m² dalam pengujian kami, itu lebih dari cukup untuk memainkan game PUBG kasual di taman.

Kecepatan refresh tidak disetel ke 144Hz secara default, melainkan kecepatan refresh secara otomatis dioptimalkan berdasarkan apa yang Anda lakukan, tetapi Anda dapat memaksanya untuk selalu menggunakan setelan 144Hz yang lebih tinggi serta setelan di bawah 120Hz dan 60Hz.

Ada juga dukungan HDR10+, dan ada peningkatan kecepatan sampling sentuh 300Hz yang ditawarkan, memberikan waktu respons yang sangat cepat saat bermain game.

Layar, diapit di kedua sisi oleh speaker stereo keras yang memukau, menawarkan detail yang halus dan dengan akurasi warna Delta-E <1, sangat bagus untuk menonton film dan video YouTube serta memutar judul ponsel AAA terbaru.

Selain speaker yang menghadap ke depan dengan suara yang luar biasa, Asus telah berfokus pada peningkatan pengalaman audio kabel, termasuk ESS Sabre ES9280AC Pro DAC untuk pemutaran audio resolusi tinggi yang menguntungkan baik game maupun pengalaman mendengarkan musik secara keseluruhan di ROG Phone 5, memberikan kinerja tingkat profesional DAC dengan kemampuan untuk menangani beban impedansi tinggi dan rendah dengan mudah.

Ini semakin ditingkatkan oleh perangkat lunak prosesor audio Asus, yang menawarkan empat mode pemutaran audio yang disetel oleh spesialis audio Dirac bersama dengan EQ 10-band yang dapat disesuaikan untuk menyesuaikan output sesuai keinginan Anda, apakah bass lebih intens untuk mengintensifkan suara pemotretan Atau akhirnya fokus untuk mendengar suara derak senjata isi ulang di dekatnya.

Pemrograman

Perangkat keras ini sudah tidak ada lagi, sekarang mari kita bicara tentang perangkat lunak.

ROG Phone 5 hadir dengan Android 11 di luar kotak dengan aplikasi ROG UI Asus. Ini mirip dalam banyak hal dengan ZenUI saat game berkembang, apakah itu cincin ikon yang berubah menjadi merah saat Mode X diaktifkan atau tema yang berfokus pada pemain, tetapi Asus menawarkan kemampuan untuk kembali ke tampilan ZenUI standar jika Anda mau.

Apa pun antarmuka pengguna yang Anda pilih, di aplikasi Armory Crate – jantung dari pengalaman bermain game ROG – Anda akan menemukan manajer kinerja yang didesain ulang, yang menampilkan tweak kinerja seluruh sistem sekali klik. Mode dinamis menawarkan yang terbaik dalam baterai dan kinerja, tetapi dalam hal bermain game, X-Mode dan X Mode Plus yang lebih bertenaga adalah solusi sempurna.

X Mode meningkatkan kinerja dengan mengorbankan masa pakai baterai, memungkinkan frame rate yang lebih tinggi, kinerja GPU yang lebih baik, dan tweak latar belakang lainnya untuk meningkatkan pengalaman bermain game Anda dan memanfaatkan sepenuhnya kecepatan refresh 144Hz yang ditawarkan.

X Mode Plus, seperti namanya, membawanya lebih jauh, mendorong sistem ke batas absolutnya, tetapi hanya diaktifkan setelah Anda mencolokkan AeroActive Cooler 5. Pendingin membantu mengurangi suhu keseluruhan ponsel untuk membantu menjaga kinerja tetap stabil , ini mendinginkan CPU sebesar 10°C dan permukaan hingga 15°C, ia menawarkan dua tombol tambahan yang dapat dialihkan dan penyangga permainan, tetapi tidak seperti ROG Phone 3, kali ini tidak disertakan dalam kotak – ini eksklusif untuk varian Pro dan Ultimate.

Jika Anda menginginkan kinerja terbaik dari ROG Phone 5 standar, sepertinya Anda harus membeli AeroActive Cooler.

Selain mode kinerja yang telah ditentukan sebelumnya di Armory Crate, Anda dapat mengubah kecepatan clock CPU dan GPU, menampilkan kecepatan refresh, sensitivitas sentuhan, dan lainnya berdasarkan aplikasi/game, memberi Anda kontrol seperti PC untuk pengalaman bermain game seluler Anda. Kombinasi ini memungkinkan gamer kasual untuk mengaktifkan mode X saat bermain, sementara orang yang berpikiran teknologi dapat mengubah kinerja untuk mendapatkan hasil maksimal dari ponsel pada judul tertentu.

Asus juga telah memperkenalkan mode Scout, yang memantulkan warna dengan cepat untuk memudahkan mengenali musuh dalam game menembak, dan untuk game yang didukung seperti PUBG, ada sistem haptic berbasis mendengarkan baru yang menyesuaikan respons haptik berdasarkan suara untuk menghasilkan suara yang unik. . Rasakan saat menembakkan senjata yang berbeda.

Ada juga kontrol cepat, yang bekerja dengan cara yang mirip dengan makro pada PC, memungkinkan akses cepat ke fungsi seperti perekaman layar, mode eksplorasi, dan mengambil tangkapan layar selama panasnya pertempuran.

TRENDING:  Akhirnya! Apple Siap Merilis iPhone 13 dengan Penyimpanan Luas, 1TB

Dan seperti ponsel ROG sebelumnya, ada banyak aksesori opsional untuk lebih meningkatkan pengalaman bermain game, termasuk pengontrol Kunai 5 dan AeroActive Cooler 5 yang disebutkan sebelumnya bersama dengan Klip ROG, kasing Lightning Armor, earphone ROG Cetra II baru, dan ROG Strix Go headset gaming Full BT II juga.

Spesifikasi dan kinerja

Dengan kecakapan bermain game seperti itu, tidak mengherankan jika ROG Phone 5 memiliki spesifikasi yang begitu mengesankan. Di jantung ponsel gaming, Anda akan menemukan Qualcomm Snapdragon 888 kelas atas, yang menawarkan peningkatan 25% di departemen CPU dan peningkatan 35% di departemen GPU dibandingkan dengan Snapdragon 865, ini dipasangkan dengan hingga 16GB LPDDR5 RAM dan hingga 256GB penyimpanan UFS 3.1 ultra-cepat tergantung pada opsi yang tersedia di wilayah Anda. Untuk kejelasan, saya telah diberi 16GB/256GB untuk ulasan saya.

Itu banyak spesifikasi, tetapi pada kenyataannya, itu berarti ROG Phone 5 cepat. Seperti, cepat, apa pun yang Anda lakukan. Menggulir melalui media sosial adalah pengalaman yang sangat lancar dan berkat kombinasi prosesor yang kuat dan tampilan kecepatan refresh yang besar, bermain game di smartphone adalah pengalaman yang menyenangkan. Saya masih memiliki sedikit pun kegagapan pada ROG Phone 5, dan sejujurnya, saya tidak mengharapkan itu dalam waktu dekat.

Ada varian dari ROG Phone 5 dengan RAM 18GB yang luar biasa – ROG Phone 5 Ultimate – dan meskipun itu adalah ban lengan yang bagus untuk dipakai, pada kenyataannya, saya pikir tidak akan ada banyak perbedaan dalam kinerjanya. Anda mencapai titik pengembalian yang semakin berkurang ketika Anda memasuki dunia memori 12GB+ pada ponsel cerdas, terutama karena tidak ada game atau aplikasi yang dirancang untuk memanfaatkan RAM dalam jumlah besar saat ini – ini adalah latihan di masa depan lebih dari apa pun.

Performa yang mengesankan ini didukung oleh skor benchmark, yang menempatkan ROG Phone 5 setara dengan Apple iPhone 12 Pro di departemen CPU dan mengalahkan sebagian besar kompetisi di departemen grafis dengan jarak diagonal. Anda dapat melihat rincian lengkap dari hasil di bawah ini:

Saya akan mengatakan, ROG Phone 5 pasti berjalan panas saat bermain game. Asus mencoba memerangi efeknya dengan sistem GameCool 5, yang membagi baterai menjadi dua bagian — satu di setiap sisi PCB utama — dan menempatkan Snapdragon 888 dan komponen penghasil panas lainnya di tengah untuk mencegahnya. . Dari jari Anda sebanyak mungkin, tetapi bahkan tepi telepon mulai menjadi hangat setelah 10-15 menit bermain.

Ada juga ruang uap yang dibentuk ulang dan panel graphene yang membantu meredakan dan menghilangkan penumpukan panas, tetapi kenyataannya, hanya AeroActive Cooler 5 yang akan membuat ROG Phone 5 Anda tetap dingin selama sesi permainan yang diperpanjang.

Dalam hal konektivitas, harapkan yang terbaru dan terbaik termasuk 5G, dukungan untuk Wi-Fi 6E ultra-cepat di pasar tempat tersedianya dan juga Bluetooth 5.2.

kamera

Jujur saja, kamera tidak pernah menjadi fokus dalam hal ponsel gaming, tetapi itu tidak berarti Asus telah berhemat pada departemen kamera ROG Phone 5.

Di bagian belakang, Anda akan menemukan pengaturan tiga kamera yang terdiri dari sensor utama Sony IM686 64MP yang menawarkan teknologi pixel binning untuk menghasilkan foto 12MP dengan detail yang disempurnakan bersama dengan lensa ultra lebar 13MP 125 derajat dan lensa makro 5MP.

Kualitas kamera, terutama dari sensor utama, sangat mengesankan, menggunakan teknologi pemrosesan gambar seri ZenFone untuk menyempurnakan gambar, menghasilkan bidikan yang tajam dan detail, serta menawarkan rentang dinamis yang luar biasa bila dikombinasikan dengan mode pemotretan HDR. Kamera ini juga mampu menghasilkan hasil cahaya rendah yang baik dengan aperture f/1.8. Ini lebih ditingkatkan dengan mode malam bawaan, dan jika Anda mengetahui barang-barang Anda, Anda dapat melangkah lebih jauh dengan mode Pro bawaan.

Ada kualitas serupa yang ditampilkan dari lensa ultra-lebar, yang menjadikannya lensa yang bagus untuk fotografi lanskap dan pemotretan kelompok (saat itu menjadi suatu hal lagi!) dan yang paling penting, tidak ada banyak perbedaan warna seperti pada beberapa lensa besar dan ultra – kopling lebar.

Ada lensa makro 5MP yang bagus untuk mengambil bidikan close-up, tetapi mungkin ini merupakan renungan bagi kebanyakan orang — ini bahkan bukan salah satu mode pemotretan yang paling mudah diakses di aplikasi Kamera. Namun, itu ada jika Anda membutuhkannya!

Di bagian depan video, ROG Phone 5 menawarkan kemampuan untuk merekam 8K @ 30fps – lebih dari Samsung Galaxy S21 Ultra – tetapi dengan sedikit layar yang dilengkapi 8K, Anda mungkin akan memotret pada 4K @ 60fps. . Ini memiliki EIS, bukan OIS, tetapi hasilnya sama – kehalusan seperti gimbal saat merekam video.

Balikkan ponsel dan Anda akan menemukan alat tangkap 24MP, itu lebih dari cukup untuk selfie dan obrolan video santai dengan teman, mampu merekam video 1080p pada 60fps untuk vlogging.

Daya tahan baterai

Daya tahan baterai adalah area lain di mana ROG Phone 5 benar-benar unggul, karena memiliki daya 6000mAh yang terbagi di dua sel 3000mAh. Itu banyak sekali daya baterai, dan terlepas dari kenyataan bahwa kecepatan refresh yang lebih tinggi dan kinerja kelas atas akan menguras lebih banyak daripada smartphone standar, masih ada potensi untuk masa pakai baterai sepanjang hari di sini.

TRENDING:  Usung Kamera 50 MP Dan chip Unisoc T610, Ini Fitur-fitur Realme C25Y

Bahkan, jika Anda tetap mengatur telepon ke mode dinamis, dan secara otomatis menyesuaikan kinerja dan kecepatan refresh layar tergantung pada apa yang Anda lakukan, Anda dapat dengan mudah menahan telepon selama sehari dengan penggunaan moderat. Saya akan mengatakan bahwa jika Anda menggunakan ponsel cerdas lebih sedikit daripada saya, yang terus-menerus mengirim pesan teks, memeriksa Twitter, dan sesekali memainkan game Call of Duty Mobile, Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga dua hari penuh.

Hal ini didukung oleh hasil pengujian baterai kami, yang menunjukkan ROG Phone 5 bertahan selama 15 jam 44 menit saat dalam mode dinamis yang direkomendasikan.

Harus dikatakan bahwa dengan X Mode diaktifkan atau X Mode Plus yang lebih kuat diaktifkan, masa pakai baterai mulai berkurang. Itu setengah alasan mengapa Asus menyertakan port USB-C yang dipasang di samping, memungkinkan Anda untuk mengisi daya ponsel selama sesi permainan yang diperpanjang, tetapi itu tentu saja tidak baik untuk masa pakai baterai.

Asus mengetahui hal ini, dan mereka memperkenalkan bypass pengisian daya pada ROG Phone 5, yang memungkinkan Anda menjalankan sistem tanpa mengisi daya baterai itu sendiri, yang membantu memperpanjang siklus baterai secara keseluruhan dan menjaga ponsel tetap dingin. Ini adalah salah satu dari banyak teknologi perpanjangan baterai yang digunakan ROG Phone 5, termasuk pengisian terjadwal dan memberlakukan batas pengisian daya, tetapi melewati pengisian daya kemungkinan akan menjadi tambahan paling umum untuk ponsel gaming.

Dalam hal pengisian daya, kemampuan pengisian cepat 30W ROG Phone 3 cukup baik, tetapi tidak inovatif.

Asus telah membawanya ke level berikutnya dengan ROG Phone 5, menghadirkan pengalaman HyperCharge 65W di luar kotak. Ini berarti pengalaman pengisian yang sangat cepat, dari 0-73% dalam 30 menit dalam pengujian kami, dan Asus mengklaim itu akan berubah dari datar menjadi penuh dalam 51 menit. Mengingat kapasitas ponsel 6000mAh yang mengesankan, ini adalah pencapaian yang cukup mengesankan dan kemungkinan besar para gamer akan menyukainya.

Anda bahkan akan mendapatkan pengisi daya dan kabel di dalam kotak, yang merupakan perbedaan mencolok dari flagships lain yang melepas pengisi daya dan headphone di dalam kotak dalam upaya untuk menjadi lebih ramah lingkungan.

Harga

Asus telah mengkonfirmasi bahwa ROG Phone 5, tidak seperti ROG Phone 3, akan tiba di pasar Inggris, dan tersedia dalam dua rasa: combo £799 dan 12GB/256GB, dan combo £899 16GB/256GB. Tangkapannya adalah rilisnya luar biasa: varian 12GB sekarang tersedia untuk dibeli dari Asus setelah peluncuran akhir April, dan versi 16GB akan menyusul pada akhir Mei 2021.

Sepertinya ROG Phone 5 Pro yang ditingkatkan atau Ultimate Limited Edition tidak akan dibawa ke Inggris, tetapi kami akan memperbaruinya segera setelah kami mendapatkan konfirmasi.

Penduduk AS hanya bisa mendapatkan akses ke ROG Phone 5 16GB tingkat atas, yang sekarang tersedia untuk dibeli langsung dari Asus seharga $999, tanpa ada kabar apakah Pro atau Ultimate pada akhirnya akan muncul.

Di sisi lain, penggemar Eropa lebih beruntung. Di Eropa, ROG Phone 5 tersedia dengan tambahan 8GB/128GB bersama dengan 12GB/256GB dan 16GB/256GB, masing-masing dengan harga €799, €899 dan €999, dengan ketiganya tersedia sekarang. Ini akan diikuti oleh €1199 5 Pro pada akhir April, dan €1299 5 Ultimate pada bulan Mei.

Jika Anda menginginkan gagasan yang lebih baik tentang pasar ponsel gaming yang lebih luas, lihat pilihan ponsel gaming terbaik kami.

Aturan

Asus ROG Phone 5 tidak diragukan lagi menawarkan salah satu pengalaman bermain game seluler terbaik, lengkap dengan pemutar internal, layar AMOLED 144Hz yang indah dengan waktu respons sentuhan yang luar biasa, soundtrack yang luar biasa, dan kekuatan luar biasa dalam bentuk Snapdragon 888 dan lebih tinggi. hingga 16GB memori. akses acak.

Ada banyak aksesori yang tersedia, mulai dari pengontrol Kunai 5 seperti Switch hingga AeroActive Cooler 5 untuk menjaga ponsel Anda tetap dingin selama sesi permainan yang diperpanjang. Perangkat lunak ini juga kedudukan tertinggi, menawarkan tweak kinerja halus untuk setiap game bersama dengan mode kinerja seluruh sistem.

Namun, meskipun layarnya yang besar sangat bagus untuk bermain game, beberapa orang mungkin menganggapnya terlalu tinggi untuk digunakan secara efektif dengan satu tangan, ditambah dengan 238g, itu jauh lebih berat daripada kebanyakan flagships 2021 – dan terlihat saat Anda mengambilnya juga.

Ada juga kekurangan AeroActive Cooler 5 di dalam kotak, yang merupakan aksesori yang diperlukan jika Anda ingin memaksimalkan kekuatan pemrosesan yang ada di dalam smartphone. Ini, bersama dengan tampilan Vision yang ditingkatkan di bagian belakang, eksklusif untuk ROG Phone 5 Pro.

Ini juga merupakan pilihan yang sangat baik dibandingkan dengan Red Magic 5G dan Black Shark 4 Pro, jadi Anda pasti akan memanfaatkan fitur game khusus jika Anda ingin bermain di ROG Phone 5 dan perangkat lainnya. dari aksesoris opsional.