Apa itu NFC? Inilah semua yang perlu Anda ketahui

Semua smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi NFC. Disadari atau tidak, mungkin saja ponsel Anda menggunakan NFC saat ini. Namun jangan khawatir – NFC menggunakan daya baterai dan daya pemrosesan minimal sambil menawarkan sejumlah fitur yang meningkatkan fungsionalitas perangkat Anda.

Meskipun banyak digunakan dalam aplikasi pembayaran dan transfer data peer-to-peer, NFC memiliki banyak aplikasi yang dapat membuat hidup Anda lebih mudah. Baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya kemampuan NFC ponsel Anda.

Apa itu NFC?

NFC adalah singkatan dari Near Communication, dan memungkinkan ponsel, tablet, laptop, dan perangkat lain untuk dengan mudah berbagi data dengan perangkat berkemampuan NFC lainnya. Ini berevolusi dari teknologi Radio Frequency Identification (RFID). RFID berada di balik kartu pemeriksaan keamanan yang membawa Anda ke kantor setiap hari atau melewati pintu tol dalam perjalanan pagi Anda.

NFC sangat mirip dengan RFID, tetapi NFC terbatas pada komunikasi hingga sekitar empat inci, itulah sebabnya Anda harus memegang ponsel di dekat pembaca nirsentuh jika Anda menggunakan Apple Pay atau Samsung Pay. Kebanyakan orang menganggap bandwidth kecil NFC sebagai keuntungan keamanan utama, dan inilah salah satu alasan mengapa NFC muncul sebagai alternatif yang aman untuk kartu kredit. Namun, teknik ini dapat digunakan lebih dari sekadar membeli kopi di Starbucks. NFC juga dapat mentransfer data seperti video, informasi kontak, dan foto antara dua perangkat berkemampuan NFC.

Bagaimana cara kerja NFC?

Tidak seperti Bluetooth, NFC tidak memerlukan pemasangan manual atau deteksi perangkat untuk mentransfer data. Koneksi NFC dimulai secara otomatis saat perangkat NFC lain berada dalam kisaran empat inci yang telah ditetapkan sebelumnya. Begitu berada dalam jangkauan, kedua perangkat langsung berkomunikasi dan mengirim petunjuk ke pengguna. Ada potensi besar dengan NFC. Tercantum di bawah ini adalah tiga cara utama kami benar-benar menggunakan NFC antar perangkat.

TRENDING:  Aplikasi Menolak Menutup Dan Masih Berjalan di Android, Ini Caranya

pembayaran seluler

Dengan konsumerisme secara bertahap bergerak ke dunia tanpa uang tunai, pembayaran seluler telah menjadi metode transaksi yang populer. Berkat kerja sama bank dan bioteknologi yang dilengkapi dengan sebagian besar smartphone modern, membuat pembayaran seluler menjadi aman dan nyaman. Menempatkan ponsel cerdas Anda empat inci dari pembaca nirsentuh di toko akan menunjukkan dompet digital atau buku tabungan Anda dan meminta Anda untuk mengonfirmasi pembayaran. Dengan Apple Pay, itu berarti menempatkan jari Anda di tombol Utama, yang memiliki fungsi Touch ID, atau menekan dua kali tombol Daya untuk memindai wajah Anda dengan ID Wajah. Ini juga berfungsi dengan Google Pay dan Samsung Pay.

Bagikan antar perangkat Android

Saat dua perangkat berkemampuan NFC berada dalam jangkauan, sebuah prompt akan muncul menanyakan apakah Anda ingin “mengirim” konten apa pun (video, informasi kontak, atau foto) yang ditampilkan di layar ke perangkat Android lainnya. Perangkat Android telah dapat menggunakan Android Beam untuk sementara waktu sekarang (sejak 4.0 Ice Cream Sandwich), tetapi ini adalah fitur yang tidak diketahui, yang mungkin menjadi bagian dari alasan mengapa Google telah menghentikannya. Di Android 10, Android Beam tidak lagi berfungsi, dan Google perlahan menggantinya dengan Nearby Share, tetapi startupnya lambat.

Chip NFC

Tag pasif ini tidak memerlukan daya dan dapat diprogram menggunakan aplikasi seperti Tasker untuk melakukan tugas tertentu saat dipindai. Misalnya, Anda dapat meletakkannya di meja Anda, dan dengan pemindaian tag cepat, Anda dapat mengatur ponsel Anda untuk bergetar, menonaktifkan GPS, atau hanya mengaktifkan pemberitahuan terkait pekerjaan, di antara opsi lainnya.

Perangkat apa saja yang dilengkapi dengan teknologi NFC?

TRENDING:  Kamu Bisa Download Java SE Development Kit 17 Disini

Daftar perangkat yang dilengkapi NFC terus bertambah setiap hari. Untuk melacak perangkat yang memanfaatkan teknologi NFC, NFC World menyimpan daftar terbaru dari sebagian besar ponsel berkemampuan NFC. Banyak perangkat Android memiliki NFC, dan setiap iPhone sejak iPhone 6 juga mengemas fitur tersebut.

Setiap iPhone sejak iPhone 6

Untuk waktu yang lama, Apple membatasi perangkat yang dilengkapi NFC untuk melakukan pembelian. Namun, iPhone terbaru, termasuk iPhone 12, 12 Pro, 12 Pro Max, dan 12 Mini, juga mendukung tag NFC melalui aplikasi Launch Center Pro.

NFC juga telah ditambahkan ke jajaran iPad, dimulai dengan iPad Pro, iPad Air 2, dan iPad Mini generasi ketiga, tetapi perangkat ini tidak akan berfungsi dengan pembaca nirsentuh di dalam toko. Untuk analisis lengkap semua perangkat Apple berkemampuan NFC dan batasannya terkait Apple Pay, lihat halaman Dukungan Apple ini.

Setiap perangkat yang menjalankan Android 4.0 atau yang lebih baru

Jika perangkat Anda menjalankan Android 4.4 atau lebih baru, Anda dapat menggunakan Google Pay. Jika Anda memiliki perangkat Samsung, Anda juga dapat menggunakan Samsung Pay.

Ponsel Android yang menjalankan Android 4.4 hingga Android 9.0 juga dapat menggunakan Android Beam untuk mengirim pesan atau bertukar file. Anda dapat menyampaikan banyak informasi kepada orang lain, seperti video YouTube, informasi kontak, halaman web tertentu, dan banyak lagi. Untuk memulai Android Beam, cukup buka pengaturan ponsel Anda. Untuk Samsung Galaxy S10, buka jalur berikut: Pengaturan > Koneksi > NFC & Pembayaran. Dari sana, pilih NFC, gulir dan ketuk Android Beam. Saat menggunakan fitur pancaran, sebaiknya letakkan ponsel Anda di dekat perangkat lain yang dilengkapi NFC. Akan muncul notifikasi yang meminta Anda untuk mengonfirmasi apakah Anda ingin terhubung ke perangkat yang terdeteksi.

TRENDING:  Komputer Anda Sering Kena Virus, Inilah Antivirus Terbaik 2021

Apa lagi yang bisa dilakukan NFC?

NFC mampu melakukan banyak fungsi – dompet digital seperti Apple Pay, Google Pay, dan Samsung Pay hanya mencakup sebagian kecil dari kemampuannya. Pecinta musik dapat dengan cepat menghubungkan perangkat mereka ke speaker dengan teknologi NFC. Teknologi ini juga dalam proses reformasi transportasi umum; Dalam beberapa kasus, pengguna dapat memindai smartphone berkemampuan NFC mereka di bus atau menggunakannya sebagai jalur metro. Pengguna dapat menambahkan uang ke bus atau metro mereka yang Anda lewati langsung melalui aplikasi, lalu selalu pastikan mereka memiliki sejumlah uang di kartu Anda. Teknologi ini juga mampu mendukung kartu loyalitas. Terakhir, ada juga kemungkinan menanamkan chip NFC di tubuh Anda. Liar, kita tahu.

Anda dapat menggunakan tag NFC dalam berbagai aktivitas. Salah satu cara untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknologi ini adalah dengan mempertimbangkan untuk membuat penghalang NFC untuk memberi pengunjung akses ke jaringan Wi-Fi Anda.

 

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

ponsel yang mendukung nfc