Mau Upgrade RAM Bingung Cara Pasangnya, Ini Cara Memasangnya

TEKNOMUDA.COM – Memasang lebih banyak atau lebih cepat RAM adalah salah satu peningkatan termudah yang dapat Anda lakukan. Jika Anda memiliki perangkat yang murah atau ketinggalan zaman, meningkatkan RAM akan memungkinkan Anda menjalankan aplikasi yang lebih intensif, membuka lebih banyak tab di browser, dan membuat komputer Anda terasa lebih cepat secara keseluruhan. Anda perlu tahu cara memasang RAM terlebih dahulu.

Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui proses langkah demi langkah. Meskipun mungkin terdengar menakutkan, upgrade RAM Anda hanya membutuhkan beberapa menit dari waktu Anda – tidak ada alat yang diperlukan.

Beberapa pengingat penting

Dukungan memori tidak universal, jadi sebaiknya periksa manual motherboard Anda sebelum memilih kit. Jika Anda tidak memiliki manual, Anda biasanya dapat menemukan nomor model motherboard tercetak di papan. Gunakan itu untuk menemukan manual online, di mana Anda akan menemukan daftar modul memori yang didukung.

Selain itu, Anda akan menemukan batasan kapasitas dan kecepatan. Faktanya, batas motherboard adalah batasnya. Pastikan untuk tidak membeli secara berlebihan dalam hal kecepatan atau kapasitas jika motherboard Anda tidak mendukungnya.

Kebanyakan motherboard modern mendukung DDR4, yang berkisar dari 2.133MHz pada low end, hingga 4700MHz dan seterusnya pada high end. Jika komputer Anda agak tua, sistem Anda mungkin hanya mendukung memori DDR3, atau bahkan DDR2.

Pabrikan populer seperti MSI dan Gigabyte mencantumkan spesifikasi ini dengan daftar motherboard mereka. Misalnya, ASRock Z370 Killer SLI mendukung hingga 64GB memori DDR4 hingga 4266MHz, sedangkan MSI X470 Gaming Plus mendukung hingga 64GB DDR4 hingga 3466MHz.

Perlu diingat bahwa RAM adalah salah satu komponen yang paling mudah dipasang, tetapi listrik statis selalu menjadi perhatian. Sebelum memasang RAM baru, pastikan untuk memakai gelang anti-statis, atau pasang sendiri dengan menyentuh beberapa logam kosong di casing Anda secara berkala. Kenakan sepatu bersol karet jika memungkinkan dan lakukan peningkatan di tanah kosong: tanpa permadani atau permadani, jika memungkinkan.

TRENDING:  Bingung Menginstal SSD, Bigini cara Memasangnya Dengan Mudah Part 1

panduan langkah demi langkah

Langkah 1: Lepaskan kabel daya dari sistem Anda dan, jika perlu, lepaskan kabel panel belakang lainnya sehingga Anda dapat dengan aman meletakkan sistem di sisinya.

Langkah 2: Lepaskan panel samping (biasanya di sebelah kiri) untuk akses penuh ke interior. Slot RAM panjang dan biasanya terletak di sebelah kanan prosesor dan pendinginnya yang besar. Slot ini biasanya berjumlah antara dua dan delapan dan termasuk tab (atau sayap) di setiap ujungnya, yang menahan tongkat di tempatnya. Tekan tab ini ke arah motherboard untuk mengeluarkan dan melepaskan RAM lama.

Beberapa motherboard hanya memiliki satu tab. Dalam hal ini, tekan tab ke bawah dan pindahkan RAM keluar, coba luruskan.

Langkah 3: Lihat di manual motherboard Anda untuk menentukan slot yang benar untuk memori baru Anda. Beberapa motherboard lebih memilih slot kedua dan keempat jika Anda hanya menggunakan satu atau dua stik. Yang lain lebih suka yang pertama dan ketiga. Penting untuk

merujuk ke manual motherboard Anda di sini, karena slot menentukan berapa banyak RAM yang Anda miliki.

Sebelum memasang RAM, pastikan sayap di kedua ujung slot didorong ke belakang sehingga miring menjauhi slot.

Perhatikan bahwa Anda hanya dapat menginstal RAM dengan cara tertentu. Lihat di sebelah RAM dengan kontak logam dan Anda akan melihat celah yang tidak terpusat. Anda harus menyelaraskan takik ini dengan takik – juga tidak di tengah – di dalam slot memori motherboard. Jika dibalik, tongkat tidak akan berbunyi klik pada tempatnya.

Jika Anda yakin bahwa RAM telah disejajarkan dengan benar, tekan bagian tepinya dengan ibu jari Anda hingga tongkat terpasang pada tempatnya. Seperti apa adanya, sayap-sayap itu saling menempel dan memegang memori dengan aman.

TRENDING:  Apakah Laptop Kamu Termasuk Salah Satunya, Inilah Laptop Terbaik 2021

Jika tongkat tidak masuk ke tempatnya dengan relatif mudah, pastikan tongkat diarahkan dengan benar. Memaksa RAM yang tidak berjajar dengan benar dapat merusak motherboard. Jika ragu, periksa lagi. Senter juga dapat membantu Anda melihat.

Memasang RAM mungkin memerlukan jumlah tekanan yang sesuai. Jangan memaksakan apa pun, tetapi berikan tekanan yang cukup saat memberikan tekanan pada tongkat.

Langkah 4: Setelah semua tongkat telah diklik ke dalam slotnya, pastikan klip sayap terkunci untuk menahan tongkat dengan kuat di tempatnya. Jika semuanya lolos pemeriksaan, matikan komputer. Setelah itu, sambungkan kembali semua kabel dan hidupkan sistem.

Setelah restart

Kabar baiknya dari sini adalah jika terjadi kesalahan, Anda akan langsung tahu saat PC Anda mogok. Jika ini terjadi, ulangi langkah di atas dan pastikan stik baru terpasang dengan benar pada soketnya. Bahkan jika diinstal dengan benar, menginstal ulang dapat memecahkan sejumlah masalah.

Anda perlu memastikan bahwa jumlah RAM yang sesuai muncul di profil sistem Anda setelah Anda menyelesaikan startup sistem. Jika Anda melihat bahwa sistem Anda hanya memiliki 3,2 GB setelah peningkatan yang jauh lebih besar, ini mungkin karena Anda menjalankan sistem operasi 32-bit.

Jika Anda membeli RAM dengan Intel Extreme Memory Profile (XMP) dan ingin memanfaatkan kinerja ekstra ini, Anda harus mengaktifkannya secara manual. Buka layar BIOS Anda. Untuk sebagian besar komputer, Anda dapat mengakses layar BIOS dengan menekan tombol hapus berulang kali saat komputer hidup. Semua motherboard sedikit berbeda, tetapi Anda harus menemukan opsi untuk mengaktifkan profil XMP bawaan di BIOS.