Waze vs. Google Maps: Mana yang Tepat untuk Anda?

TEKNOMUDA.COM – Ketika Anda ingin pergi ke suatu tempat, Anda tentu mencari rute terbaik dengan gerakan yang paling ringan dan rintangan yang paling sedikit. Aplikasi peta dan navigasi hari ini ada untuk Anda. Dua aplikasi paling populer untuk iOS dan Android — Google Maps dan Waze — mengirimkan umpan ini, memberikan informasi terbaru, petunjuk waktu langkah demi langkah, dan banyak lagi.

Google Maps dan Waze adalah salah satu aplikasi navigasi paling populer – bahkan di kalangan pengguna iPhone – karena keduanya mudah digunakan dan memberikan petunjuk arah yang akurat secara konsisten. Jadi, mana dari dua aplikasi milik Google ini yang harus Anda pilih sebagai asisten navigasi mengemudi harian Anda? Mari kita cari tahu dengan melihat keduanya secara berdampingan, sehingga Anda dapat melihat mengapa dua aplikasi yang paling Anda sukai.

Apa itu Waze?

Google membeli Waze pada tahun 2013 dan mengembangkannya sebagai aplikasi navigasi GPS berbasis komunitas yang terpisah dengan banyak fitur jejaring sosial waktu nyata yang bersumber dari audiens. Waze dapat memperingatkan sesama pengemudi tentang kecelakaan, bahaya, penutupan jalan, perangkap kecepatan, aktivitas polisi, dan masalah lain yang mungkin memerlukan perubahan jalur, dan informasi ini dilengkapi dengan ETA berdasarkan kondisi lalu lintas saat ini. Aplikasi ini juga membantu Anda menemukan SPBU termurah di sepanjang rute Anda, dan dikombinasikan dengan Android Auto atau Apple CarPlay, Anda dapat menggunakan Waze di layar mobil Anda, jika tersedia.

Waze tidak hanya fokus mengemudi. Pembaruan menambahkan dukungan untuk Google Assistant (di Android) dan Siri (di iOS). Anda juga dapat memilih dari berbagai aplikasi suara audio untuk memandu Anda saat mengemudi dan bahkan menggunakan fitur berbagi mobil aplikasi untuk mengatur carpools untuk menawarkan tumpangan atau mencari teman. Waze gratis dan didukung iklan. Ini memiliki mode sepeda motor, dan Anda juga dapat mendengarkan musik favorit Anda dari aplikasi seperti Spotify dan podcast dengan menghubungkan layanan ini ke Waze dan memutarnya melalui aplikasi.

TRENDING:  Aplikasi Download Lagu Gratis Terbaik Di Handphone Kamu

Apa itu Google Maps?

Google Maps adalah aplikasi navigasi standar yang menyediakan navigasi bagi siapa saja, baik mereka yang berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum, serta mengemudi dengan petunjuk langkah demi langkah dan pemetaan jalur yang bermanfaat. Jika Anda menggunakan ponsel Android, ini adalah aplikasi navigasi yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel Anda. Namun, Google Maps bukan hanya alat bantu navigasi, karena juga menunjukkan lokasi banyak bisnis, landmark lokal, dan tempat menarik, yang menjadikan aplikasi ini berguna untuk mendapatkan gambaran luas dari suatu area atau bagian kota, dan melihat apa else dekat Dari tujuan Anda, dan fungsi peta tetap tradisional lainnya. Petunjuk arah cukup fleksibel bahkan saat dalam perjalanan, dan Anda dapat mencari di sepanjang rute Anda untuk layanan dan menambahkan pemberhentian tambahan.

Banyak layanan Google populer lainnya seperti Google Assistant, Google Street View, dan Google Search telah diintegrasikan ke dalam Maps, dan Google Maps sekarang memiliki fitur seperti Waze, seperti pembaruan lalu lintas waktu nyata dan fitur augmented reality yang membantu memberikan petunjuk arah untuk berkeliling lingkungan baru. Masuk akal bagi Google untuk mem-porting beberapa fitur ini ke aplikasi Maps favoritnya (kemungkinan besar), jadi pada akhirnya kita mungkin melihat perbedaan antara kedua aplikasi tersebut hilang.

Perbandingan Waze dan Google Maps

Meskipun kedua aplikasi menawarkan petunjuk langkah demi langkah dasar untuk membawa Anda ke tujuan, ada perbedaan utama antara Google Maps dan Waze.

Aplikasi apa yang membawa Anda ke sana lebih cepat?

Membandingkan fitur aplikasi navigasi adalah satu hal, tetapi nilai sebenarnya dari membantu mereka terletak pada seberapa cepat dan mudah Anda dapat mencapai tujuan Anda. Untuk mengemudi di kota, Waze unggul dalam menemukan rute alternatif di sekitar kecelakaan dan kemacetan lalu lintas serta memperingatkan pengemudi sebelum kecelakaan terkait jalan raya. Laporan Polisi Waze membantu pengemudi memantau kecepatan mereka untuk menghindari tilang. Waze terkadang mengantar pengemudi melalui lingkungan sekitar atau jalan berliku untuk mencapai tujuan Anda, yang mungkin ideal dalam beberapa situasi, seperti perjalanan jauh, tetapi mungkin tidak menghemat banyak waktu lokal.

TRENDING:  Ini Rekomendasi 5 HP Murah di Bawah Rp 1 Juta, Cocok Untuk Pelajar

Google Maps membawa Anda ke tujuan tepat waktu dan juga memperingatkan pengemudi tentang kecelakaan dan kemacetan lalu lintas. Peringatan Google Maps lebih umum daripada peringatan Waze, karena Google Maps tidak memiliki integrasi sosial tingkat tinggi yang sama. Namun, Google Maps memiliki tampilan peta yang lebih besar dan lebih informatif, yang seringkali menunjukkan jalan dan layanan di sekitarnya dengan lebih jelas.

Apa aplikasi terbaik untuk Anda?

Waze adalah alat navigasi yang bagus untuk pengemudi yang mencari jebakan polisi, pembaruan lalu lintas, dan laporan kecelakaan. Lansiran yang dapat disesuaikan inilah yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan jalur unik dan memungkinkan integrasi sosial. Integrasi ini sangat berguna saat mengatur rute kustom Anda sendiri atau memilih rute tercepat saat bernavigasi.

Meskipun Waze mungkin merupakan opsi lengkap untuk pengemudi, kami lebih memilih opsi alternatif dalam hal lalu lintas pejalan kaki. Google Maps, yang dapat diakses di Android Auto, menawarkan kemampuan yang sama untuk mempertahankan analisis lalu lintas dan membantu Anda menghindari kemacetan yang terputus-putus. Namun, ia juga dapat menawarkan fitur Live View yang menggunakan augmented reality.

Ini adalah augmented reality terbaik untuk pejalan kaki; Orang-orang yang baru mengenal suatu area dapat dengan cepat mengorientasikan diri mereka dengan menelusuri situs tersebut di Google Maps. Anda juga dapat menggunakan tab Tersimpan aplikasi untuk mencatat semua tempat favorit Anda, mulai dari kedai kopi menawan di kota baru hingga taman anjing favorit Anda di dekat rumah.

Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah Anda tidak dibatasi untuk menggunakan satu aplikasi kecuali Anda adalah aplikasi skandal sederhana. Anda dapat menginstal kedua opsi dan kemudian menggunakan salah satunya saat itu terlihat paling baik. Sebaiknya gunakan Google Maps saat Anda ingin menjelajahi suatu area atau membutuhkan lebih banyak pengetahuan umum daripada sekadar petunjuk arah mengemudi. Di sisi lain, fokus Waze yang lebih besar pada pengemudi menjadikannya alat yang sangat baik untuk komuter, karena dapat memperingatkan masalah di depan dan membiarkan Anda melewatinya dengan cara yang mungkin terlewatkan oleh Google Maps.

TRENDING:  Xiaomi 11T dan 11T Pro Resmi Dirilis, Ini Spesifikasinya