5G vs Wi-Fi: Perbedaannya Dan Mengapa Anda Membutuhkan Keduanya

TEKNOMUDA.COM – Kita sedang memasuki era 5G, dan meskipun belum tentu mengarah pada revolusi seluler seperti yang diprediksi beberapa orang, hal itu mungkin terjadi dalam beberapa tahun ke depan. Jaringan 5G saat ini lebih baik daripada 4G, tetapi hanya menawarkan sedikit peningkatan pada kecepatan unduh, tetapi pada akhirnya, itu akan meningkatkan kecepatan unduh secara signifikan, hampir menghilangkan latensi, dan mengurangi kemacetan di jaringan seluler.

Dengan kata lain, 5G akan membuat koneksi Wi-Fi Anda berhasil.

Sementara Wi-Fi dan 5G akan diadu satu sama lain, semua indikasi adalah bahwa kita mungkin membutuhkan kedua teknologi untuk memanfaatkan internet masa depan sepenuhnya. Sementara 5G tidak diragukan lagi akan berguna dalam banyak situasi, Wi-Fi, yang masih dalam pengembangan dan pembaruan, akan berguna dalam situasi lain. Dan mereka akhirnya dapat bekerja sama untuk meningkatkan jaringan nirkabel Anda, seperti dalam kasus internet rumah 5G.

Apa perbedaan antara 5G dan Wi-Fi?

Kami memiliki penjelasan terperinci tentang apa itu 5G, tetapi singkatnya, 5G adalah istilah umum untuk teknologi jaringan seluler generasi kelima, dan itu mencakup banyak elemen berbeda. Jaringan seluler atau seluler bergantung pada pita spektrum berlisensi, yang dilelang ke penawar tertinggi.Operator, seperti Verizon dan AT&T, harus membayar untuk menggunakan domain ini. Untuk menyebarkan jangkauan, mereka harus membangun jaringan BTS yang terhubung yang mampu mengirimkan sinyal yang cukup kuat untuk sebuah jaringan untuk melayani beberapa orang (ribuan di perkotaan) secara bersamaan. Untuk menutup investasi mereka dan memperluas infrastruktur jaringan mereka, mereka mengandalkan kami untuk membayar langganan.

Wi-Fi bergantung pada spektrum frekuensi tanpa izin yang dapat digunakan siapa saja secara gratis tetapi memiliki sinyal yang relatif lemah.Kami membayar Penyedia Layanan Internet (ISP) kami untuk membawa internet ke pintu kami, kemudian menggunakan router untuk memenuhi rumah kami dengan Wi-Fi .

TRENDING:  Rekomendasi 7 Aplikasi Penghasil Uang Dari Handphone Kamu

Menggunakan pita frekuensi Wi-Fi yang sama dengan tetangga Anda dapat menjadi masalah, terutama jika Anda tinggal di daerah padat penduduk dengan bandwidth terbatas. Dua frekuensi yang digunakan oleh Wi-Fi adalah 2.4GHz dan 5GHz. Secara sederhana, 2.4GHz memiliki potensi kecepatan maksimum yang lebih rendah tetapi menembus lebih baik, sehingga memiliki jangkauan yang lebih panjang daripada frekuensi yang lebih tinggi, 5GHz, yang dapat memberikan kecepatan lebih tinggi tetapi tidak menembus hal-hal seperti dinding dengan mudah.

Perlu dicatat bahwa Wi-Fi 5GHz sama sekali tidak ada hubungannya dengan jaringan seluler 5G. Meskipun, Internet rumah Verizon 5G melampaui batas ini.

Dalam kehidupan sehari-hari, kebanyakan dari kita mengandalkan Wi-Fi di rumah atau di kantor — atau di kedai kopi — dan jaringan telepon seluler saat kita berjalan keluar dari pintu depan dan bergerak di luar jangkauan router. Telepon kami beralih secara otomatis dan kami bahkan tidak memikirkannya; Yang penting hanya untuk memiliki komunikasi yang baik setiap saat. Skenario ini akan terus menjadi kasus bagi sebagian besar orang karena 5G terus menyebar.Perbedaannya adalah jaringan seluler dan Wi-Fi akan melihat peningkatan kinerja.

Janji Yang Di dapat Dari 5G

Potensi kecepatan unduh antara 1 Gbps dan 10 Gbps dan kecepatan unggah, atau latensi, hanya 1 milidetik (milidetik) membuat orang bersemangat tentang jaringan 5G yang lebih kuat. Kecepatan ini sebanding dengan apa yang Anda lihat dari koneksi kabel fisik. Namun, kenyataannya adalah bahwa kita biasanya tidak akan mendekati kecepatan maksimum teoritis. Dan bahkan jika kita melakukannya, itu tidak akan terjadi setidaknya untuk beberapa tahun lagi.

Kecepatan sebenarnya dari koneksi 5G Anda akan bergantung pada banyak faktor, termasuk di mana Anda berada, jaringan yang terhubung dengan Anda, berapa banyak orang lain yang terhubung, dan perangkat yang terhubung. Tujuannya adalah untuk mencapai kecepatan unduh setidaknya 50Mbps dan latensi rendah 10ms. Itu akan menjadi peningkatan besar dibandingkan kecepatan rata-rata saat ini, tetapi seperti halnya dengan 4G LTE, cakupan 5G perlahan akan berkembang. Saat ini, kecepatan unduh rata-rata kami sekitar 57Mbps, menurut sebuah studi dari Speedcheck. Ini berarti bahwa minimum jauh lebih rendah dari itu.

TRENDING:  7 Rekomendasi Software Akunting Terbaik Untuk Bisnis Kamu

Ini juga akan bekerja bersama tidak hanya Wi-Fi tetapi juga teknologi seluler generasi sebelumnya, sehingga 4G LTE akan terus ditawarkan sebagai alternatif dan kemungkinan akan terus berkembang dan menjadi lebih cepat.

Janji Yang Di Dapat Dari Wi-Fi 6

Wi-Fi selalu sangat membingungkan dalam hal konvensi penamaan untuk standar. Mulai dari 802.11b ke 802.11a, 802.11g, 802.11n, lalu 802.11ac.

Aliansi Wi-Fi (dan industri pada umumnya) telah menyetujui bahwa sesuatu yang kurang kompleks diperlukan, sehingga standar berikutnya, 802.11ax, dipasarkan sebagai Wi-Fi 6. Konvensi penamaan yang lebih sederhana ini juga diterapkan secara surut, sehingga 802.11ac akan menjadi Wi-Fi 5 , dan seterusnya. Standar Wi-Fi 6 yang baru menghadirkan kecepatan yang lebih cepat — setidaknya empat kali lebih cepat daripada Wi-Fi 5, dalam kondisi tertentu — tetapi juga menghadirkan peningkatan efisiensi dan kapasitas yang dirancang untuk menangani peningkatan jumlah perangkat nirkabel yang terhubung ke Internet di rumah rata-rata. . Sama seperti 5G, Wi-Fi 6 akan melengkapi, bukan menggantikan, standar Wi-Fi yang ada, terutama mengingat fakta bahwa perangkat sebenarnya juga perlu menambahkan dukungan untuk versi Wi-Fi yang lebih baru. Secara teori, kecepatan puncak Wi-Fi 6 adalah 9,6 Gbps, tetapi Anda mungkin tidak akan mencapainya dalam penggunaan nyata dengan koneksi internet Anda.

Apa yang Anda butuhkan untuk menikmati 5G atau Wi-Fi 6?

Saat ini, baik 5G dan Wi-Fi 6 tersedia secara luas. Di sisi 5G, operator kini telah meluncurkan jaringan 5G nasional yang dibangun di atas spektrum Sub-6 — dan mereka siap untuk terus memperluas jaringan itu dan menambahkan spektrum pita menengah dan tinggi untuk melengkapinya.

Untuk mengakses Wi-Fi 6, Anda memerlukan router yang mendukung standar, dan Anda juga memerlukan ponsel atau perangkat 5G yang mendukungnya. Sebagian besar smartphone yang lebih baru mendukung 5G dan Wi-Fi 6, terutama dalam hal perangkat kelas atas. Pada akhirnya, semua ponsel, komputer, dll. akan mendukung kedua standar tersebut.

TRENDING:  Rilis Hari Ini, Kenali Fitur dan Cara Download Windows 11

Masa depan dari Internet

Karena semakin banyak router memiliki Wi-Fi 6 yang terpasang di dalamnya, dan semakin banyak menara seluler yang mentransmisikan jaringan 5G, kecepatan internet kami, baik di rumah atau di perjalanan, akan menjadi lebih cepat, dengan latensi yang lebih rendah. Lebih banyak teknologi dan smartphone 5G juga akan muncul. Karena perkembangan yang mendukung 4G seperti game seluler online dan streaming seluler, kecepatan 5G akan memungkinkan sejumlah kasus penggunaan baru, seperti mobil yang terhubung.

Tentu saja, hanya waktu yang akan memberi tahu apa yang sebenarnya terjadi di masa depan untuk teknologi nirkabel dan konektivitas internet, tetapi berharap untuk sering mendengar istilah “5G” dan “Wi-Fi 6” dalam beberapa tahun ke depan. Pada akhirnya, kecepatan lambat akan menjadi sesuatu dari masa lalu.