Gak Sabar Nunggu Update Android 12 : Ini Yang Perlu Anda Ketahui

TEKNOMUDA.COM – Android 12 bagus dan nyata dalam perjalanan. Google akhirnya memamerkan beberapa fitur baru dan pembaruan desain utama di Google I/O 2021, dan secara keseluruhan, Android 12 dapat menandai pembaruan Android terbesar dalam beberapa saat.

Kami tidak berharap Android 12 akan dirilis ke publik hingga sekitar bulan September, tetapi dua versi beta pertama dari sistem operasi tersedia untuk pengguna dan pengembang pemberani yang ingin menginstalnya, asalkan mereka memiliki ponsel yang memenuhi syarat.

Inilah semua yang kami ketahui tentang Android 12 sejauh ini.

Apa saja fitur baru di Android 12?

Selama fase Pratinjau Pengembang Android 12, kami tidak tahu banyak tentang sistem operasi baru, tetapi sekarang setelah beta publik tersedia, kami telah melihat dengan baik seperti apa Android 12 nantinya. Ada banyak di sana. Android 12 adalah perombakan desain besar-besaran yang akan menghadirkan banyak fitur dan dasbor baru, plus lebih banyak lagi.

Berikut adalah ringkasan fitur baru yang diperkenalkan oleh Android 12:

Pembaruan desain

Perubahan terbesar di Android 12 hadir dengan mudah dalam bentuk pembaruan desain. Tombolnya lebih besar dan lebih berani, semuanya memiliki sudut yang besar dan membulat, dan Google tidak peduli untuk menghabiskan lebih banyak ruang di layar. Android 12 tampaknya lebih tentang menggunakan ruang dengan cerdas daripada mencoba mengemas lebih banyak barang ke dalamnya.

Ikon yang lebih besar ini tampaknya berlaku untuk setiap aspek Android 12. Semuanya bekerja kurang lebih sama, tetapi opsi untuk menu pengaturan, panel pengaturan cepat, bilah geser, dll. semuanya lebih besar, lebih berani, dan berwarna-warni. Bahkan layar kunci telah menerima perawatan – ketika tidak ada pemberitahuan, jam tangan mengambil sebagian besar layar, dan bahkan dengan pemberitahuan, itu cukup besar untuk dengan mudah dilihat dalam sekejap.

Ada tweak yang lebih kecil untuk animasi dan gerakan di Android 12. Misalnya, saat Anda menekan tombol power, ada animasi yang menyalakan layar dari tombol itu sendiri. Ini adalah sentuhan yang indah.

TRENDING:  Waze vs. Google Maps: Mana yang Tepat untuk Anda?

” Material Anda “

Di samping pembaruan desain ini adalah opsi tema baru. Google menyebutnya “Material Anda,” dan dibutuhkan isyarat skema warna dari wallpaper Anda. Ini termasuk warna primer dan apa yang disebut Google sebagai warna “pelengkap”. Penyesuaiannya sebenarnya di seluruh sistem, dan bahkan pengembang pihak ketiga dapat menautkan aplikasi mereka ke sana untuk memberikan tampilan yang lebih terpadu.

Sedikit materi diluncurkan sebagai bagian dari Android 12 Beta 2 pada bulan Juni, tetapi masih banyak pekerjaan yang sedang berlangsung.

Perbarui bayangan pemberitahuan Anda

Sebagai bagian dari pembaruan desain yang semuanya baru, Google telah memindahkan beberapa aspek Android — dan seperti biasa di Android, bayangan pemberitahuan mendapatkan salah satu pembaruan terbesar. Misalnya, pengaturan cepat dibuat lebih mudah untuk diakses – Anda akan dapat beralih di antara empat pengaturan cepat yang paling sering digunakan pada sapuan pertama bayangan pemberitahuan, dalam bentuk tombol persegi panjang yang relatif besar. Kemudian, geser ke atas lagi untuk mengakses semua pengaturan cepat Anda.

Menu daya Android juga akan dimasukkan di area pengaturan cepat baru ini. Ini berarti Anda akan dapat mengakses kontrol rumah pintar dan Google Pay Wallet dari menu pengaturan cepat, sementara menekan tombol daya akan meluncurkan Google Assistant sebagai gantinya. Perubahan ini terjadi pada penguji beta di Android 12 Beta 2.

Perubahan kecil lainnya yang dilakukan Google adalah menggunakan panel Internet baru untuk mengelola koneksi Anda. Google mengatakan itu juga dimaksudkan untuk membantu pengguna memecahkan masalah dengan lebih mudah dan beralih penyedia lebih cepat, baik pada Wi-FI atau data seluler. Perubahan ini juga datang dengan Beta 2.

Kontrol privasi baru

Masyarakat umum semakin peduli dengan privasi, dan Android 12 menawarkan banyak fitur untuk kesadaran privasi. Yang paling menonjol adalah Dasbor Privasi baru, yang menampilkan sekumpulan informasi tentang izin yang Anda berikan untuk setiap aplikasi, dan memungkinkan Anda untuk mencabut izin tertentu jika Anda mau. Anda juga akan mendapatkan informasi tentang penggunaan izin, termasuk garis waktu kapan aplikasi mengakses lokasi Anda.

TRENDING:  Infinix Note 11 dan Note 11 Pro Resmi Dirilis, Ini Spesifikasinya

Berbicara tentang lokasi, ada lebih banyak izin lokasi di Android 12. Sekarang Anda dapat memberi aplikasi lokasi “perkiraan” alih-alih lokasi tertentu, yang akan berguna untuk hal-hal seperti aplikasi cuaca.

Ada fitur lain tentang privasi juga. Seperti di iOS, sekarang ada indikator kapan harus mengakses mikrofon, kamera, dan clipboard. Matikan baru di Pengaturan Cepat akan memungkinkan Anda mematikan kamera dan mikrofon untuk menjaga privasi.

Google juga membuat aspek lain dari data Anda lebih aman. Khususnya, Android 12 menyertakan Komputer Inti Android berpemilik baru. Ini adalah bagian tersegmentasi dari Android yang membahas fitur-fitur seperti Balasan Cerdas, Umpan Balik Langsung, dan fitur terkait AI lainnya yang berfokus pada data sensitif.

Dasbor privasi telah hadir dengan Android 12 Beta 2.

kunci mobil digital

Apple mengumumkan kunci mobil tahun lalu sebagai cara bagi pelanggan untuk menggunakan ponsel mereka untuk membuka kunci mobil yang kompatibel. Sekarang, Google mengikutinya dengan Digital Car Key. Kunci mobil digital menggunakan pita lebar ultra untuk memungkinkan pengguna membuka kunci mobil mereka dengan ponsel masih di saku pengguna. Ada cadangan jika ponsel tidak mendukung ultra broadband – fitur ini juga dapat bekerja melalui NFC.

Tentu saja, fitur ini membutuhkan kerja sama dari pembuat mobil, dan itu mungkin memakan waktu. Sejauh ini BMW hanya berkomitmen menggunakan Apple Car Key, dan BMW juga yang pertama mendukung Digital Car Key. Mudah-mudahan, adopsi oleh Google dan Apple akan memacu dukungan yang lebih luas dari pembuat mobil untuk fitur-fitur ini.

Pengontrol TV Android

Jika Anda terhubung ke ekosistem Android, Anda dapat menggunakan Android TV bersama dengan ponsel Android Anda, Android 12 akhirnya menyertakan remote control bawaan untuk perangkat Android TV. Fitur ini akan bekerja dengan Chromecast dengan Google TV, atau TV yang memiliki Android TV di dalamnya, dan menyediakan kontrol program dasar, akses ke Asisten Google, dan kontrol volume.

Sebelumnya, untuk menggunakan ponsel Anda sebagai remote control untuk Android TV, Anda perlu menginstal aplikasi, dan Anda tidak perlu melakukannya lagi.

TRENDING:  Xiaomi resmi meluncurkan Redmi Note 10 Lite, Cek Spesifikasinya

Integrasi yang lebih baik dengan Chrome OS

Anda sebenarnya dapat menggunakan Berbagi Terdekat untuk berbagi foto antara ponsel Android dan Chromebook, tetapi Google sedang berupaya menghilangkan beberapa gesekan dari proses tersebut. Menurut Google, Phone Hub Chrome OS akan diperluas untuk menyertakan fitur baru untuk melihat foto di ponsel Android Anda tanpa harus menunggu foto tersebut diunggah ke cloud. Fitur ini didukung oleh Wi-Fi Direct.

Kapan saya akan mendapatkan Android 12?

Google telah membagikan roadmap publik untuk Android 12, tetapi belum memberikan tanggal pasti kapan OS akan dirilis ke publik. Versi baru Android biasanya keluar sekitar bulan September, dan berdasarkan peta jalan Google, sepertinya ini tepat untuk tahun ini.

Sebelum rilis konsumen Android 12, kita harus melalui proses beta. Ini dipecah menjadi dua fase: pratinjau pengembang dan rilis beta.

Kami saat ini berada di tengah-tengah periode rilis beta. Pratinjau Pengembang Android 12 pertama dirilis pada bulan Februari, dengan pembaruan pada bulan Maret dan April. Dengan dua beta konsumen pertama yang sudah keluar, hanya dua yang akan dirilis, satu di bulan Juli dan satu lagi di bulan Agustus. Versi final Android 12 diperkirakan akan hadir untuk masyarakat umum sekitar bulan September.

Tentu saja, bahkan ketika versi konsumen Android 12 dirilis, itu tidak berarti Anda akan langsung mendapatkannya — atau selamanya. Pembaruan pertama kali akan tiba di ponsel Google Pixel, dan memilih perangkat lain, tetapi masih harus dilihat kapan akan menjangkau ponsel lain. Jika ponsel Anda memiliki sistem operasi yang relatif rusak, seperti OxygenOS atau My UX dari Motorola, ponsel Anda mungkin mendapatkannya lebih cepat daripada yang lain. Antarmuka pengguna One UI Samsung, misalnya, telah dimodifikasi secara signifikan, dan perusahaan mungkin membutuhkan waktu untuk membuat dan mengimplementasikan antarmuka yang koheren yang menghormati prinsip desain One UI dan Android 12.