Uninstall 8 Aplikasi Segera! virus Joker Mengancam Ponsel Anda

TEKNOMUDA.COM – Virus Joker yang terkenal kembali menghantui perangkat Android. Delapan aplikasi yang diketahui menyebarkan malware telah dihapus dari Google Play Store. Namun, ini hanya mencegah unduhan baru.

Jika Anda memiliki salah satu dari aplikasi ini yang terinstal, berikut adalah melihat lebih dekat bagaimana malware Joker bekerja dan bagaimana Anda dapat menghindarinya.

Dalam artikel ini

  • Apa saja aplikasi tersebut?
  • Malware berlangganan layanan premium, menagih akun korban
  • Malware memanfaatkan izin aplikasi yang terinfeksi, membaca semua pesan SMS
  • Rekening korban digunakan untuk membayar layanan premium yang telah diprogram sebelumnya
  • Segera hubungi Helpline Bank & Cybercrime untuk bantuan transaksi yang tidak sah
  • Periksa keabsahan aplikasi yang Anda unduh, waspadalah terhadap penyalinan
  • Pastikan untuk tidak menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal

pengendalian kerusakan

Apa saja aplikasi tersebut?

Laporan terbaru oleh Quick Heal Security Labs mengidentifikasi delapan aplikasi yang menyebarkan malware Joker. Mereka adalah pesan bantuan, sms ajaib cepat, pemindai kamera gratis, sms super, pemindai item, pesan masuk, wallpaper perjalanan, dan sms super.

Jika Anda memiliki salah satu dari aplikasi ini yang terinstal, kami menyarankan Anda untuk segera menghapusnya.

Sebagian besar aplikasi berbahaya adalah untuk pesan.

serangan diam

Malware berlangganan layanan premium, menagih akun korban

Untuk non-responden, malware Joker yang telah ada selama hampir tiga tahun sekarang mencuri informasi tentang pemilik perangkat Android melalui pesan SMS, kontak yang disimpan, dan halaman info perangkat di Pengaturan.

Ia menggunakan detail ini untuk mendaftar ke layanan premium yang menguras rekening bank korban.

Saat korban menginstal aplikasi yang terinfeksi, malware secara diam-diam diunduh ke perangkat mereka.

Cara kerja

Malware memanfaatkan izin aplikasi yang terinfeksi, membaca semua pesan SMS

TRENDING:  Ponsel Gaming Oppo Reno6 WaVe kolaborasi Dengan Game Arena of Valor (AOV)

Setelah diinstal, aplikasi yang terinfeksi akan meminta akses ke notifikasi agar berfungsi. Izin ini disalahgunakan oleh malware untuk membaca konten pesan teks yang masuk menggunakan perintah OnReceive.

Kemudian, itu menyalahgunakan akses aplikasi yang terinfeksi ke kontak dan izin untuk melakukan dan mengelola panggilan telepon. Dengan ini, ia memeriksa kode negara kartu SIM korban.

kegiatan latar belakang

Rekening korban digunakan untuk membayar layanan premium yang telah diprogram sebelumnya

Berdasarkan kode negara SIM korban, malware Joker secara otomatis memulai langganan ke layanan yang telah diprogram sebelumnya di wilayah tersebut, yang semuanya dibayar oleh korban.

Yang mengkhawatirkan, aktivitas jahat ini terjadi di latar belakang.

Salah satu cara termudah untuk menangkap malware yang sedang beraksi adalah dengan waspada terhadap transaksi asing yang tidak Anda lakukan.

Membekukan transaksi

Segera hubungi Helpline Bank & Cybercrime untuk bantuan transaksi yang tidak sah

Jika Anda melihat ada transaksi yang mencurigakan, segera hubungi bank Anda atau nomor Bantuan Penipuan Cyber ​​yang baru-baru ini diluncurkan oleh Pemerintah Pusat (di India) untuk menghentikan transaksi.

Untuk menghindari dirampok oleh malware seperti ini, kami sarankan Anda hanya menginstal aplikasi dari sumber tepercaya seperti Google Play Store. Hindari juga tautan spam yang diterima melalui pesan SMS

tetap aman

Periksa keabsahan aplikasi yang Anda unduh, waspadalah terhadap penyalinan

Yang terpenting, selalu berikan izin yang dibutuhkan aplikasi agar berfungsi dengan baik. Aplikasi senter yang berusaha mengakses kontak Anda adalah bendera merah

Terkadang, salinan aplikasi populer juga tersedia. Pastikan untuk memeriksa aplikasi dan nama pengembang sebelum mengunduh. Serangan malware serupa tahun ini menargetkan pengguna Facebook Messenger. Nama-nama aplikasi berbahaya salah eja.

TRENDING:  Suka Foto Selfi Pake Handphone, Inilah Handphone Kamera Terbaik 2021

tetap waspada

Pastikan untuk tidak menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal

Untuk melindungi Anda lebih jauh, Android memiliki pengaturan bawaan yang mencegah pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Meskipun pengaturan ini diaktifkan secara default, periksa lagi.

Terakhir, hindari mengunduh aplikasi dari iklan, pesan WhatsApp, pesan SMS, email, dan sumber yang berpotensi mencurigakan.

Saat menggunakan aplikasi dengan izin yang tidak masuk akal, perhatikan transaksi yang tidak sah dan hapus instalan aplikasi yang menargetkan uang Anda.