Apa Itu ANBK? Berikut Penjelasan Pengertian dan Tujuannya

Apa Itu ANBK? Berikut Penjelasan Pengertian dan Tujuannya – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) akan dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan RI.

ANBK adalah singkatan dari Penilaian Nasional Berbasis Komputer. ANBK dilaksanakan untuk jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA/sederajat.

Berdasarkan publikasi Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), pelaksanaan ANBK SD/MI dan sederajat gelombang 1 akan berlangsung mulai hari ini, Senin, 15 November 2021. ANBK SD/MI dan sederajat gelombang 1 akan berlangsung hingga Kamis, 18 November 2021.

ANBK SD/MI dan sederajat berlangsung dua hari. Pada hari pertama, program penilaian ANBK meliputi latihan (60 menit), kemampuan membaca (75 menit), dan survei karakter. Kemudian program penilaian ANBK SD/MI hari kedua dan sederajat meliputi latihan (25 menit), berhitung (75 menit), dan survei lingkungan belajar (20 menit).

Setelah pelaksanaan SD/MI ANBK dan sederajat di gelombang 1 dan 2, akan ada gelombang 3 dan 4. Jadwal SD/MI ANBK dan sederajat pada gelombang 3 dan 4 mulai tanggal 22 sd 25 November 2021.

TRENDING:  Tetap Jagalah Kesehatan, Inilah Varian COVID-19 Yang Bikin Was-Was

ANBK online dilakukan dengan harus memiliki akses internet yang stabil untuk komputer klien dan harus memiliki komputer pengawas untuk membuka token. Sedangkan untuk ANBK semi-online, komputer klien tidak memiliki akses langsung ke Internet. Komputer klien akan terhubung ke komputer pengawas yang memiliki akses ke Internet.

Lalu apa sebenarnya ANBK/Penilaian Nasional itu? Apa itu ANBK/Penilaian Nasional dan kapan dilakukan?

Pengertian ANBK / Asesmen Nasional

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ANBK atau Evaluasi Nasional adalah program evaluasi mutu setiap sekolah, madrasah, dan program pemerataan di tingkat dasar dan menengah. Terkait ANBK atau Evaluasi Nasional, kualitas satuan pendidikan akan dievaluasi berdasarkan hasil dasar belajar siswa (aksara, berhitung dan karakter), kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung. sedang belajar.

Selain itu, akan ada tiga instrumen evaluasi dalam ANBK atau Evaluasi Nasional, yaitu:

1. Penilaian kompetensi minimal (AKM)

Siswa akan mengikuti AKM dengan tujuan untuk mengukur literasi dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif.

TRENDING:  Atletico Madrid vs Real Sociedad, Luis Suarez penyelamat Los Rojiblancos

2. Survei karakter

Survei Karakter akan diikuti oleh siswa dan guru untuk mengukur sikap, kebiasaan, dan nilai sebagai hasil belajar non-kognitif.

3. Studi lingkungan

Pembelajaran akan dilanjutkan oleh Direktur Satuan Pendidikan untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang mendukung pembelajaran.

Perlu diketahui bahwa ANBK atau Penilaian Nasional tidak sama dengan ujian nasional (UN) baik dari segi fungsi maupun isinya. ANBK atau Penilaian Nasional juga bukan merupakan sistem penilaian bagi siswa secara individu, karena penilaian kompetensi siswa menjadi tanggung jawab guru dan sekolah.

Tentang ANBK atau penilaian nasional

Dikutip dari laman Kemdikbud, nantinya ANBK atau Asesmen Nasional akan memiliki soal berupa:

Bagi yang ingin belajar soal ANBK atau AKM bisa praktek di https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/ayoakm/. Kemendikbud menyediakan aplikasi Kelas AKM, yang diperuntukan bagi tenaga kependidikan yang membutuhkan kumpulan soal yang sudah disiapkan untuk pelatihan Anbk.

Kelas AKM tidak akan menjadi bagian dari sistem evaluasi satuan pendidikan. Aplikasi ini hadir untuk membantu guru agar dapat melakukan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa.

TRENDING:  9 Bantuan Pemerintah Bakal Cair Bulan Agustus 2021, Cek Di Sini

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Anbk Online,Asesmen Nasional ,Pengertian Anbk