Gmail Kini Bisa Telepon dan Video Call Langsung dari Aplikasi

TEKNOMUDA.COM – Aplikasi populer Gmail tampaknya tak akan khusus menjadi tempat bertukar email saja. Baru-baru ini, Google melakukan pembaruan pada aplikasi emailnya itu dengan dukungan fitur baru panggilan suara atau telepon dan video call langsung dari aplikasi.

Bagi pengguna yang mengandalkan Gmail untuk email saja mungkin tak akan terlalu menyukai fitur baru ini. Namun dengan update ini, pengguna dapat melakukan banyak hal dari sekadar membalas dan mengirim email saja.

Nantinya, pengguna bisa melakukan telepon atau video call secara langsung melalui aplikasi Gmail tanpa harus membuat meeting room di Google Meet. Akan ada ikon gagang telepon yang tersedia untuk melakukan panggilan suara dan ikon kamera untuk panggilan video. Namun, fitur ini baru akan tersedia pada chat perorangan di Gmail.

Dikutip BGR, Google sendiri mulai menyalurkan fitur telepon dan video kepada pengguna dengan akun berbayar terlebih dahulu dalam beberapa minggu mendatang. Baru kemudian akan dirasakan oleh pengguna gratis lainnya.

Meskipun fitur baru mungkin terdengar agak mengganggu, Google berharap pembaruan ini akan membantu pengguna mempertahankan fokus. Menurut perusahaan, dibandingkan menjadwal panggilan dan menggunakan aplikasi lain — termasuk aplikasi Google sendiri, pengguna dapat melakukan panggilan setelah berbalas email atau melalui kolaborasi Workspace.

TRENDING:  Download Watcherviews - Kumpulkan Coins dan Dapatkan Uang

Layanan integrasi gratis Google

Selain fitur baru di Gmail, Google juga sempat melakukan perubahan dengan menggratiskan layanan Workspace mereka. Layanan yang lebih dulu dikenal Google G Suite ini awalnya hanya bisa dinikmati oleh perusahaan yang membayar. Kini, dia bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh semua kalangan.

Google Workspace sendiri mencakup aplikasi unggulan Google yang saling terintegrasi seperti Gmail, Calendar, Docs, Sheets, Forms, Slides, dan Task. Di sini, sesama anggota tim dapat mengobrol dan berkolaborasi soal pekerjaan. Apalagi, layanan Google Chat, Meets, dan Room langsung tersedia di menu Gmail.

“Kami ingin tim untuk berkolaborasi apa pun hambatannya, termasuk orang yang bekerja dari rumah atau di zona waktu yang berbeda,” kata Google. Inilah sebabnya semua fitur Workspace baru yang diluncurkan perusahaan dari waktu ke waktu mempengaruhi pengalaman Gmail secara keseluruhan