ICloud Anda Penuh? Inilah 5 Tips Cara Mengosongkan Ruangnya

TEKNOMUDA.COM – Meskipun tampaknya tidak ada habisnya pada awalnya, penyimpanan iCloud dapat terisi dengan cepat. Baik itu 5GB gratis yang disertakan dengan ID Apple Anda atau salah satu penawaran lebih besar yang dapat Anda bayar dengan biaya bulanan, sangat mudah untuk mengisi ruang penyimpanan yang Anda tentukan untuk menikmati foto dan pencadangan perangkat.

Anda dapat membeli lebih banyak ruang iCloud atau beralih ke salah satu solusi penyimpanan cloud terbaik sebagai alternatif. Namun, langkah pertama yang baik adalah dengan menyingkirkan file lama dan menyederhanakan penyimpanan iCloud yang ada. Dalam panduan ini, kami akan memberikan lima tips mudah yang dapat Anda gunakan untuk mengosongkan ruang di iCloud.

1. Cari tahu apa yang menghabiskan ruang

Sebelum Anda mulai menghapus file dari iCloud, ada baiknya Anda mengetahui jenis file apa yang paling banyak menghabiskan ruang. Dari aplikasi Pengaturan perangkat Anda, buka iCloud dan pilih Kelola Penyimpanan.

Di bagian atas layar, Anda akan melihat diagram batang jenis file yang mengisi ruang iCloud Anda. Bagi sebagian besar pengguna Apple, pencadangan, foto, dan pesan dapat menghabiskan setengah atau lebih ruang penyimpanan. Gulir ke bawah untuk menemukan daftar rinci aplikasi yang diinstal dan berapa banyak penyimpanan iCloud yang digunakan masing-masing aplikasi.

Anda sekarang memiliki gagasan bagus tentang perubahan mana pada penyimpanan iCloud Anda yang paling membebaskan Anda

Cadangan perangkat Anda sering kali menjadi alasan di balik penyimpanan penuh iCloud Anda. Sangat mungkin bahwa Anda mengatur iPhone lama Anda untuk secara otomatis mengunggah cadangan ke cloud dan kemudian tidak pernah menghapus file-file itu. Bertahun-tahun kemudian, mereka masih duduk di sana mengambil ruang penyimpanan yang berharga ketika hampir tidak ada kemungkinan Anda perlu mengakses cadangan itu di masa mendatang.

TRENDING:  Realme UI 3.0 Berbasis Android 12 Siap Meluncur Oktober 2021

Untuk menghapus file ini, buka iCloud dari aplikasi Pengaturan (iOS) atau aplikasi System Preferences (MacOS). Kemudian klik atau ketuk Kelola Cadangan untuk melihat semua cadangan yang saat ini disimpan ke akun iCloud Anda. Hapus item yang tidak lagi Anda perlukan, dan Anda akan segera mengosongkan ruang penyimpanan.

Saat Anda di sini, ada baiknya untuk memeriksa aplikasi individual mana yang dicadangkan di akun iCloud Anda. Mungkin penting untuk menyalin beberapa aplikasi ini, seperti aplikasi Foto, ke cloud. Tetapi Anda tidak perlu menyimpan data dari setiap aplikasi di perangkat Anda. Untuk mematikan pencadangan aplikasi, cukup ketuk bilah status untuk mengubahnya dari hijau menjadi abu-abu.

2. Singkirkan pesan lama

Pesan teks individual dan utas iChat masing-masing mungkin beberapa kilobyte. Tetapi jika Anda telah menjadi pengguna iPhone selama bertahun-tahun, Anda mungkin memiliki lebih dari satu gigabyte pesan lama yang tersimpan di akun iCloud Anda. Jumlah semua pesan ini bisa lebih besar jika Anda mengirim banyak emoji atau gambar.

Untuk menghemat ruang, buka aplikasi Pesan di perangkat Anda. Dari sini, Anda dapat menghapus pesan satu per satu atau seluruh percakapan. Perhatikan bahwa saat Anda menghapus pesan dari satu perangkat, pesan tersebut akan dihapus dari semua perangkat Apple Anda.

Atau, Anda dapat memilih untuk hanya menghapus lampiran, yang sering kali menghabiskan ruang penyimpanan yang tidak proporsional. Dari percakapan, ketuk nama kontak, lalu tombol info. Pilih “Lihat semua foto”, lalu pilih semua foto yang ingin Anda hapus.

TRENDING:  Beberapa Cara Mengatur Keuangan Pribadi Kamu Dengan Benar

3. Hapus lampiran email

Seperti halnya Pesan, lampiran dalam email dapat menghabiskan banyak ruang—terutama jika akun iCloud Anda menyimpan email selama beberapa tahun. Untungnya, Anda tidak perlu menghapus semua email dari penyimpanan secara acak. iCloud Mail menyertakan cara sederhana untuk melihat pesan email dengan lampiran yang diurutkan berdasarkan ukuran.

Buka iCloud Mail dan pilih Lihat, lalu Urutkan berdasarkan Lampiran. Sekarang, Anda dapat menghapus semua email yang memiliki lampiran hanya dengan beberapa klik. Jika Anda tidak ingin menghapus banyak email, pilih batas tertentu seperti 15 MB dan hapus semua email dengan lampiran yang lebih besar dari ukuran ini.

4. Kelola perpustakaan foto Anda

Ada kemungkinan besar bahwa Perpustakaan Foto Anda akan menghabiskan sebagian besar ruang dalam akun iCloud Anda. Lagi pula, kamera pada perangkat Apple memiliki resolusi yang sangat tinggi, dan semakin banyak orang yang merekam video selain foto. Sangat mudah untuk memiliki ratusan gigabyte file media di cloud jika Anda tidak ingin mengelola perpustakaan Anda.

Sayangnya, tidak ada cara otomatis untuk menemukan foto buruk di perpustakaan iCloud Anda. Terserah Anda untuk mencari album Anda dan menghapus foto yang tidak Anda inginkan. Jika Anda memiliki video yang disimpan di awan, sebaiknya potong dan pangkas hanya di video yang ingin Anda simpan untuk generasi mendatang.

Anda akan melihat bahwa penyimpanan iCloud Anda tidak berubah setelah Anda menghapus foto. Ini karena saat Anda membuangnya ke tempat sampah, alih-alih menghapusnya secara permanen, foto dan video dikirim ke album Baru Dihapus. Untuk menambahkan ruang kembali ke akun cloud Anda, buka album Baru Dihapus dan hapus semua file darinya.

TRENDING:  Waze vs. Google Maps: Mana yang Tepat untuk Anda?

Mulai sekarang, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar penyimpanan foto Anda tidak meluap. Misalnya, sebaiknya hapus foto segera setelah Anda mengambilnya. Jika Anda membutuhkan lima klik kamera untuk selfie yang sempurna, hapus empat yang tidak Anda perlukan segera. Demikian pula, potong video ke bagian yang ingin Anda simpan dan hapus kutipannya.

Anda juga dapat membuat album lama offline jika Anda tidak perlu mengaksesnya di seluruh perangkat sesuai permintaan. Mentransfer data ke hard drive eksternal akan mengosongkan ruang penyimpanan iCloud dan dapat menghemat uang untuk langganan penyimpanan cloud Anda dalam jangka panjang.

5. Bersihkan Drive iCloud

iCloud Drive adalah tempat Apple menyimpan salinan semua jenis file lainnya, seperti dokumen, PDF, dan file aplikasi. Seiring waktu, ruang penyimpanan Drive Anda dapat dipenuhi dengan kekacauan seperti halnya perpustakaan pesan, email, dan foto Anda.

Membersihkan iCloud Drive lebih mudah dari komputer, meskipun bisa juga dilakukan di iPhone atau iPad. Di Mac, cukup buka folder iCloud Drive di Finder. Kemudian Anda dapat mengurutkan file berdasarkan ukuran, jenis atau tanggal pembuatan dan menghapus apa pun yang tidak lagi Anda perlukan.

Ringkasan

Dengan memfilter file dari semua bagian ekosistem Apple ke iCloud, mudah untuk melihat seberapa cepat penyimpanan Anda dapat terisi penuh. Menghabiskan beberapa menit untuk membersihkan ruang penyimpanan Anda dari waktu ke waktu dapat mengosongkan ruang, membantu Anda tetap rapi, dan menghindari keharusan membayar lebih banyak penyimpanan. Dengan lima tips ini, Anda dapat dengan mudah mengatasi penyebab paling umum dari akun iCloud penuh.