Sejarah Hingga Fakta Tentang Halloween Di Amerika Serikat

Sejarah Hingga Fakta Tentang Halloween Di Amerika Serikat – Hari Halloween diperingati tiap 30 Oktober. Perayaan yang terkenal di Amerika Serikat ini identik dengan pesta kostum dan trick or treat.

Tiap 31 Oktober, para anak-anak akan mendatangi rumah tetangga untuk meminta permen atau cemilan manis. Selain itu, dekorasi dengan dominasi labu juga turut memeriahkan momen ini.
Asal usul Halloween
Dilansir dari National Geographic, Halloween diperkirakan berasal dari Hari Tahun Baru Celtic bernama Samhain, yang jatuh pada 1 November, yang diperingati sejak 2.000 tahun lalu. Setan, peri, dan roh orang mati diperkirakan berjalan di Bumi pada malam sebelumnya ketika jarak antara dunia yang hidup dan mati sangat tipis.

Pada momen ini, bangsa Celtic yang berasal dari Eropa ini menyalakan api unggun dan memberikan hadiah makanan, berharap untuk memenangkan hati para arwah mereka yang telah meninggal pada tahun lalu. Mereka juga menyamar menggunakan kostum agar arwah orang mati tidak mengenali mereka.

Samhain kemudian berubah menjadi All Saints’ Day atau All Hallows’ Day pada abad ketujuh. Para pemimpin Kristen juga menjadikannya sebagai hari libur.

TRENDING:  Squid Game Terlalu Laris Dan Populer, Netflix Digugat

Tradisi malam sebelumnya terus dilakukan dimana mereka menyalakan api unggun, menggunakan kostum, dan parade dengan nama baru All Hallows’ Eve. Kemudian, peringatan tersebut menjadi Halloween.
Halloween masuk Amerika Serikat
Imigran Eropa kemudian membawa Halloween ke Amerika Serikat. Perayaan itu menjadi populer pada 1800-an, ketika imigrasi Irlandia-Amerika meledak.

Kebiasaan dan kepercayaan pun makin melebur, antara kebudayaan Halloween dengan tradisi pertanian setempat. Artinya, Halloween dianggap okultisme namun tetap membumi pada panen musim gugur.

Selama bertahun-tahun, lhari libur itu menjadi waktu bagi anak-anak untuk berdandan seperti hantu yang pernah ditakuti nenek moyang mereka.

Fakta-fakta tentang perayaan Halloweeen, mulai dari tanggal, makna, hingga sejarah seperti dilansir dari NDTV, Minggu (31/10/2021).

1. Tanggal 31 Oktober

Setiap tahun, Halloween dirayakan pada 31 Oktober. Tahun ini, festival tersebut jatuh pada hari Minggu. Halloween sangat erat kaitannya dengan Hari Semua Orang Kudus. Paus Gregorius III, pada abad kedelapan, menetapkan 1 November sebagai Hari Semua Orang Kudus. Malam All Saints Day dikenal sebagai ‘All Hallows Eve’, yang kemudian disebut Halloween.

TRENDING:  Selamatkan Deddy Corbuzier, Dokter Gunawan Dapat Mobil dan Duit Sekoper

2. Sejarah Halloween

Selain terkait erat dengan All Saints Day, Halloween juga diyakini berasal dari festival Celtic berusia 2000 tahun. Komunitas Celtic merayakan Tahun Baru mereka pada tanggal 1 November, dengan Halloween dirayakan pada tanggal 31 Oktober sebagai Malam Tahun Baru. Di Irlandia, Halloween disebut Samhain yang secara harfiah berarti akhir musim panas. Tidak hanya di Irlandia, tetapi juga di bagian lain Eropa, terutama di garis lintang utara, Halloween menandai akhir musim panas. Praktek menyalakan api unggun untuk mengusir roh jahat selama Halloween dalam tradisi Celtic terkait dengan awal musim dingin yang lembab dan gelap, yang biasanya membawa sejumlah penyakit.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Fakta Halloween,Halloween ,Sejarah Halloween