Tips Bagaimana Cara Jual Beli Saham Secara Online

Tips Bagaimana Cara Jual Beli Saham Secara Online – Di era digital seperti sekarang ini, segalanya menjadi lebih mudah. Dari yang awalnya dilakukan secara manual, kini menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Berinvestasi saham tidak terkecuali, Kamu kini bisa berinvestasi saham secara online.

Mengapa Kamu Perlu Investasi Saham?
Selain itu, berinvestasi pada saham merupakan salah satu alat yang paling diminati oleh investor karena dapat dianggap bahwa dividen yang diperoleh lebih besar dari alat investasi lainnya. Selain itu, agar uang yang Kamu hasilkan saat ini dapat mengejar harga yang semakin hari semakin naik, Kamu harus pKamui mengelolanya, salah satunya adalah berinvestasi saham.

Saham dapat diartikan sebagai bukti kepemilikan atas perusahaan yang dibelinya. Banyak yang menjadikan saham sebagai wahana investasi. Ketika seseorang membeli saham di suatu perusahaan, orang tersebut akan memiliki hak atas suatu aset dan pendapatan yang diperoleh perusahaan akan sesuai dengan porsi saham yang dia miliki di perusahaan tersebut.

TRENDING:  IPOT - Fitur Indopremier (IPOT) Aplikasi Trading Saham

Karena sekarang semuanya bisa dilakukan secara online, selain investasi. Kini berinvestasi saham menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun saat ini proses jual beli saham hanya dapat dilakukan dengan menggunakan handphone yang dapat terkoneksi dengan internet.

Tips Jual Beli Saham Untuk Saham Online

Siapkan modal investasi

Selain itu, seperti yang dijelaskan di atas, berinvestasi di saham berarti Kamu dapat membeli aset di perusahaan yang tentu saja membutuhkan modal untuk dapat membelinya. Namun, Kamu harus menyesuaikan modal yang akan Kamu investasikan sesuai dengan situasi keuangan Kamu. Jangan menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari, sebaiknya gunakan uang yang tidak terpakai atau yang biasa disebut cold money.

Dalam berinvestasi saham sangat disarankan menggunakan cold money, karena jika terjadi sesuatu dimana saham yang Kamu beli turun maka uang Kamu tidak akan terganggu karena yang digunakan untuk investasi adalah unused money alias dana pasif.

Karena perlu diingat bahwa ada dua jenis risiko kerugian dalam berinvestasi saham. Yang pertama adalah capital loss, suatu kondisi dimana investor merugi ketika harga jual saham lebih rendah dari harga beli. Risiko kedua adalah likuidasi, situasi di mana perusahaan dinyatakan pailit oleh pengadilan.

TRENDING:  Most Mandiri Aplikasi Trading Saham Dari Mandiri Sekuritas

Buka akun saham

Tanpa akun saham, Kamu tidak akan bisa melakukan jual beli saham. Untuk dapat memperdagangkan saham, Kamu harus terdaftar sebagai klien perusahaan sekuritas. Pastikan efek yang Kamu pilih memiliki kredibilitas yang jelas dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perusahaan saham akan bertindak sebagai perantara bagi Kamu untuk dapat membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain itu, perusahaan saham dapat memproses pembuatan akun Kamu, dan jika berhasil, Kamu akan diberikan Single Investor Identity (SID) dan Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk dapat bertransaksi.

Cari referensi saham dan pantau pergerakannya

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di suatu perusahaan, sebaiknya Kamu mengetahui terlebih dahulu kredibilitas perusahaan tersebut dan jangan lupa untuk melakukan analisa dasar terhadap perusahaan tersebut. Investasikan uang Kamu pada perusahaan yang dapat memiliki kondisi keuangan yang baik, sehingga harga saham tidak dapat turun secara signifikan ketika terjadi krisis ekonomi.

Karena dalam hitungan detik, harga saham bisa berubah karena banyak faktor. Jadi luangkan waktu Kamu untuk mendapatkan informasi terkini tentang harga dan tren saham agar tidak kehabisan kerugian.

TRENDING:  Panduan Cara Membuat atau Mendaftar Akun Indodax Terbaru

Oleh karena itu, mungkin bermanfaat untuk meninjau saran pembelian dan penjualan saham untuk saham secara online.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Cara Menjual Saham,Tips Saham